/> LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI EKOSISTEM

LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI EKOSISTEM

Ekosistem merupakan kesatuan dari seluruh komponen yang membangunnya. Di dalam suatu ekosisiem terdapat kesatuan proses yang saling terkait dan mempengauhi antar semua komponen. Pada suatu ekosistem terdapat komponen yang hidup (biotik) dan komponen tak hidup (abiotik). Ekosistem juga diartikan sebagai suatu fungsional dasar dalam ekologi, mengingat bahwa di dalamnya tercakup organisme dan lingkungan abiotik yang saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Ekosistem juga merupakan benda nyata memiliki ukuran yang beraneka menurut tingkat organisasinya.

Mari kita belajar soal-soal mengenai Ekosistem!

1. Perhatikan gambar berikut ini!
Komponen biotik yang paling berpengaruh terhadap adanya wilayah perairan seperti pada gambar di atas adalah….
A. Kadar oksigen
B. sinar matahari
C. suhu air
D. pH air
E. garam mineral

Jawaban : B
Pembagian daerah perairan laut menjadi daerah litoral, limnetik dan daerah bentik berdasarkan kepada paparan daerah tersebut terhadap sinar matahari. Daerah litoral adalah daerah yang banyak mendapatkan sinar matahari.

2. Perhatian gambar berikut ini!
Berdasarkan gambar tersebut komponen abiotik yang paling penting untuk diperhatikan dalam membuat tempe seperti gambar di atas adalah….
A. suhu
B. udara
C. garam mineral
D. cahaya matahari
E. kelembaban udara

Jawaban : A
Dalam pembuatan tempe, kedelai yang sudah diberi ragi harus disimpan ditempat yang hangat selama 36-48 jam.

3. Perhatian gambar berikut ini!
Komponen abiotik yang diperlukan pada proses tersebut adalah….
A. air, suhu dan pH
B. air, pH dan cahaya matahari
C. air, udara dan cahaya matahari
D. topografi, air dan cahaya matahari
E. topografi, udara dan cahaya matahari

Jawaban : C
Proses fotosintesis membutuhkan air, karbondioksida dibantu oleh cahaya matahari.

4. Eutrofikasi adalah pencemaran air yang disebabkan oleh nutrisi yang berlebihan ke dalam ekosistem air mengakibatkan tidak terkontrolnya pertumbuhan tumbuhan air. Pertumbuhan tumbuhan air yang tidak terkendali mengakibatkan sinar matahari tidak dapat masuk ke badan perairan. Komponen abiotik yang akan mengalami penurunan di badan perairan adalah…
A. air
B. nitrogen
C. oksigen
D. karbondioksida
E. nitrogen dioksida

Jawaban : C
Proses eutrofikasi akan meningkatkan munculnya tumbuhan air, sehingga sinar matahari tidak dapat masuk ke badan perairan. Akibatnya adalah tumbuhan di dalam air tidak dapat berfotosintesis menghasilkan oksigen, sehingga kadar oksigen akan berkurang pada peristiwa tersebut.

5. Energi cahaya matahari masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen dan diubah menjadi energi kimia. Organisme yang memiliki peran mengubah energi tersebut adalah…
A. hewan herbivora
B. hewan karnivora
C. pengurai
D. konsumen
E. tumbuhan hijau

Jawaban : E
Tumbuhan hijau melalui proses fotosintesis.

6. Tumbuhan termasuk ke dalam komponen autotrof karena dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan hewan disebut komponen heterotrof karena mendapatkan energinya dari organisme yang lain.
Dalam ekosistem, hewan tersebut memperoleh energi dari….dan mengalirkan energi ke….
A. konsumen 1, konsumen 3
B. produsen, konsumen 2
C. konsumen 1, produsen
D. pengurai, konsumen 1konsumen
E. konsumen 1, pengurai

Jawaban : B
Ulat adalah hewan pemakan daun sehingga mendapatkan energi dari produsen dan mengalirkan energi ke konsumen 2.

7. Perhatikan gambar jaring makanan berikut!
Organisme yang berada pada tingkat trofi yang kedua adalah….
A. kelinci dan ulat
B. Elang dan laba-laba
C. Elang dan burung
D. laba-laba dab burung
E. serangga dan burung

Jawaban : A
Organisme yang berada pada taraf tropi 2 adalah konsumen 1 atau herbivora, jadi jawaban yang tepat ulat, kelinci dan serangga.

8. Perhatikan bagan berikut ini!
Dalam jaring-jaring makanan, setiap makhluk hidup memiliki perannya sendiri. Hewan yang memiliki peranan sebagai konsumen II dan konsumen III adalah…..
A. Marmut dan Kambing
B. Kambing dan tikus
C. Kucing dan Singa
D. Ular dan Kucing
E. Harimau dan Singa

Jawaban : C
Hewan yang menjadi konsumen I adalah Marmut, Tikus dan kambing, sedangkan hewan yang tergolong konsumen II adalah Ular, Kucing, Harimau. Singa adalah konsumen III

9. Dalam ekosistem terjadi rantai makanan berikut!
Peran yang ditunjukkan oleh organisme yang benar pada rantai makanan tersebut adalah….
A. Padi sebagai konsumen tingkat I
B. Burung pipit sebagai konsumen tingkat I
C. Burung elang sebagai konsumen tingkat III
D. Harimau sebagai konsumen tingkat II
E. Dekomposer sebagai produsen

Jawaban : B
Padi berperan sebagai produsen, burung pipit sebagai konsumen primer, burung elang sebagai konsumen sekunder, harimau sebagai konsumen tersier dan dekomposer sebagai pengurai.

10. Perhatikan rantai makanan berikut!
Aliran energi dalam rantai makanan dimulai dengan produsen (tumbuhan) yang mengubah energi matahari menjadi energi kimia melalui fotosintesis, digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan, dan berakhir pada konsumen tingkat tertinggi atau pemangsa puncak yang memperoleh energi dengan memangsa konsumen di tingkat trofik di bawah mereka. Berdasarkan gambar di atas organisme yang memperoleh energi paling sedikit pada rantai makanan tersebut adalah…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban : E
Dalam rantai makanan organisme yang akan mendapatkan energi paling kecil adalah pada konsumen puncak yaitu no 5.
11. Perhatikan rantai makanan berikut!
Pernyataan yang benar mengenai ekosistem pada gambar di atas adalah…..
A. Zooplankton berperan sebagai konsumen sekunder
B. Ikan kecil mendapat energi dari zooplankton
C. Ikan besar berperan sebagai konsumen sekunder
D. Energi tertinggi dimiliki oleh paus bergigi
E. Fitoplankton merupakan penghasil energi paling rendah

Jawaban : B
Zooplankton berperan sebagai konsumen primer
Ikan kecil mendapat energi dari zooplankton
Ikan besar berperan sebagai konsumen tersier
Energi tertinggi dimiliki oleh produsen/fitoplankton
Fitoplankton merupakan penghasil energi paling tinggi

12. Di padang rumput yang mengalami kekeringan berkepanjangan, hidup sekelompok Harimau dan rusa. Akibat kekeringan terjadi penurunan produsen yang selanjutnya akan terjadi …
A. peningkatan populasi rusa dan penurunan populasi Harimau
B. penurunan populasi Rusa dan peningkatan populasi Harimau
C. penurunan populasi Rusa dan Harimau
D. peningkatan populasi Rusa dan populasi harimau
E. populasi rumput berkurang dan populasi Rusa meningkat

Jawaban : C
Jika populasi rumput menurun maka yang terkena dampak pertama kali adalah herbivora yang akan kehilangan sumber energinya. Jika hal ini berkepanjangan maka akan menurunkan populasi rusa. Menurunnya populasi rusa akan berdampak terhadap penurunan populasi predatornya yaitu Harimau.

13. Perhatikan rantai makanan berikut ini!
Berdasarkan rantai makanan di atas, pernyataan berikut adalah benar, kecuali…
A. Padi merupakan produsen yang keberadaannya sangat diperlukan oleh tikus dan serangga.
B. Elang merupakan konsumen tingkat II dan III
C. Jika tikus banyak diburu petani karena dianggap hama, maka elang akan kena dampak negatifnya
D. Ular menempati kedudukan sebagai konsumen tingkat II
E. Jika padi dipanen kemudian tidak ditanam lagi, maka rantai makanan tersebut bisa terputus.

Jawaban : B
Elang merupakan konsumen III.

14. Perhatikan rantai makanan berikut!
Dalam suatu ekosistem seperti pada gambar di atas terjadi perpindahan energi. Energi yang tersimpan paling tinggi terdapat di....
A. rusa
B. chipmunk
C. marmut
D. Beruang
E. Rumput dan biji

Jawaban : C
Energi tertinggi dimiliki oleh produsen. Pada gambar di atas adalah rumput dan biji-bijian.

15. Perhatikan gambar berikut ini!
Interaksi yang tepat diantara gambar 1, 2 dan 3 diatas secara berturut-turut adalah…
A. Mutualisme, predasi, netralisme
B. Mutualisme, predasi, kompetisi
C. Protokooperasi, predasi, kompetisi
D. Parasitisme, netralisme, predasi
E. komensalisme, predasi, kompetisi

Jawaban : E
anemon dan ikan badut adalah komensalisme, Salmon dan beruang adalah predasi dan beruang dan harimau adalah kompetisi.

16. Perhatikan organisme berikut in!
1. Jamur
2. Keluwing
3. Cacing tanah
4. Bakteri
5. Lipan
Diantara makhluk hidup berikut ini yang termasuk komponen detritivor adalah ...
A. 1, 2 dan 5
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 5

Jawaban : D
Kelompok detritivor adalah kelompok pemakan detritus (sisa-sisa). Yang termasuk kelompok ini adalah Keluwing, cacing tanah dan Lipan.

17. Perhatikan gambar berikut ini!
Pasangan organisme dan taraf trofik berikut yang TIDAK tepat adalah...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban : A
Ganggang seharusnya adalah produsen.

18. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat
1. hewan karnivora
2. bakteri pengurai
3. plankton
4.zat anorganik
5.herbivora
Komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya sebagai berikut :
A. 4 – 2 – 3 – 5 – 1
B. 5 – 3 – 1 – 2 – 4
C. 5 – 2 – 1 – 4 – 3
D. 4 – 3 – 5 – 1 – 2
4 – 5 – 1 – 2 – 3

Jawaban : D
zat anorganik akan diserap oleh plankton untuk proses fotosintesis. Plankton di makan oleh herbivora dan herbivora oleh karnivora dan terakhir karnivora yang mati akan di urai oleh dekomposer atau pengurai.

19. Pada sebidang ladang terdapat komponen‑komponen sebagai berikut :
I. tanaman jagung
II. burung kecil
III. ulat
IV.tikus
V.ayam
VI.ular
Komponen‑komponen ini akan merupakan kehidupan saling ketergantungan bila tersusun dalam rantai makanan, yakni ......
A. I – II – III – IV – V
B. I – III – V – IV
C. I – III – II – IV – VI
D. I – II – IV – V
E. I – IV – VI

Jawaban : E
Tanaman jagung-tikus-ular

20. Perhatikan gambar berikut ini!
Dari bagian jaring‑jaring makanan di atas, Pernyataan yang benar mengenai burung adalah.....
A. konsumen sekunder karena mengkonsumsi katak
B. konsumen tersier karena mengkonsumsi cacing tanah
C. konsumen tersier karena mengkonsumsi katak
D. konsumen primer dan konsumen sekunder
E. konsumen tersier sama dengan cacing pita

Jawaban : C
burung merupakan konsumen sekunder karena mengkonsumsi cacing tanah. Burung merupakan konsumen tersier karena mengkonsumsi katak.

21. Perhatikan gambar berikut ini!
Manakah pernyataan yang paling tepat berdasarkan gambar tersebut...
A. Jika terjadi pencemaran oleh pestisida kadar tertinggi di miliki oleh produsen
B. Padi mampu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia
C. Jika populasi tikus berkurang maka populasi ular bertambah
D. Pada ekosistem tersebut tikus berada pada taraf trofi 1
E. Energi terbesar dimiliki oleh burung

Jawaban : B
Jika terjadi pencemaran oleh pestisida kadar tertinggi di miliki oleh konsumen puncak
Padi mampu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia
Jika populasi tikus berkurang maka populasi ular berkurang
Pada ekosistem tersebut tikus berada pada taraf trofi 2
Energi terbesar dimiliki oleh produsen

22. Perhatikan gambar berikut ini!
Di bawah ini merupakan pernyataan yang berhubungan dengan gambar tersebut, kecuali …
A. cahaya matahari dimanfaatkan oleh tumbuhan
B. komponen biotik melakukan berbagai aktivitas memerlukan energi
C. unsur hara yang diserap tumbuhan keberadaannya dipasok dari sisa-sisa atau bangkai komponen biotik
D. setiap perubahan energi ada sebagian energi yang hilang dalam bentuk panas
E. keberadaan komponen abiotik sama sekali tidak ada interaksi dengan komponen biotik

Jawaban : E
Komponen abiotik akan berpengaruh terhadap aliran energi dan materi.

23. Perhatikan gambar berikut ini!
Interaksi yang terjadi diantara keduanya yang benar adalah…....
A. hiu dan remora saling menguntungkan
B. remora mendapatkan keuntungan dan hiu tidak dirugikan
C. hiu sebagai pemakan remora yang bertubuh kecil
D. terjadi perebutan makanan antara hiu dan remora
E. remora memperoleh perlindungan tambahan dari ikan hiu

Jawaban : B
ikan remora mendapatkan keuntungan dari sisa makanan ikan hiu sedangkan hiu tidak dirugikan.

24. Perhatikan gambar berikut ini!
Interaksi yang terjadi diantara kepiting boxer dan anemon seperti pada gambar tersebut adalah…
A. Mutualisme, karena kepiting mendapat perlindungan dari anemon dan anemon mendapatkan tempat hidup
B. Kompetisi, karena kepiting boxer dan anemon memperebutkan makanan yang sama
C. Protokooperasie, karena kepiting mendapat perlindungan dari anemon dan anemon mendapatkan tempat hidup
D. Komensalisme, anemon diuntungkan karena mendapat tempat hidup sedangkan kepiting tidak mendapat keuntungan apa-apa
E. Predasi, kepiting boxer memangsa anemon

Jawaban : C
Protokooperasi adalah hubungan saling menguntungkan antara dua organisme tetapi tidak saling mengikat.

25. Perhatikan gambar berikut ini!
Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan dengan susunan...
A. Rumput-kelinci-burung hantu-rubah
B. Rumput-tikus-burung hantu
C. wortel-kelinci-burung-burung hantu
D. padi-tikus-burung hantu-rubah
E. padi- jangkrik-burung hantu-rubah

Jawaban : D
Padi dimakan tikus, tikus dimakan burung hantu dan burung hantu dimakan rubah

26. Perhatikan gambar berikut ini!
Peranan organisme tersebut bagi kesuburan tanah ialah ....
A. mengikat N2 dari tanah dan udara
B. mengurai zat organik menjadi anorganik
C. mengikat N2 dan merubahnya menjadi N dalam senyawa anorganik
D. mengikat N menjadi zat anorganik
E. mengurai zat organik menjadi N dalam senyawa anorganik

Jawaban : E
organisme tersebut adalah dekomposer yang berfungsi untuk mengurai zat organik pada mahluk hidup menjadi zat anorganik

27. Pada tahun 1958 cina melakukan pertanian besar-besaran untuk mengatasi kesulitan pangan. Selain itu untuk meningkatkan hasil pertanian, masyarakat cina diminta untuk memusnahkan hama yang mengganggu pertanian yaitu nyamuk, lalat, tikus dan burung pipit. Kurang lebih 600.000.000 burung pipit yang terbunuh. Satu tahun setelah pembantaian tersebut muncul bencana baru. Bencana yang kemudian muncul adalah….
A. hilangnya kicau burung yang merdu
B. berkurang pupuk dari kotoran burung
C. populasi belalang pengganggu meningkat
D. sumber protein hewani berkurang
E. produksi menurun karena penyerbukan kurang

Jawaban : C
Burung pipit adalah predator dari belalang sehingga menghilangnya burung pipit dapat meningkatkan populasi belalang.

28. Perhatikan gambar berikut ini!
Tumbuhan paku tanduk rusa yang hidup menempel pada suatu pohon seperti pada gambar di atas menunjukan interaksi....
A. parasitisme, karena paku tanduk rusa menyerap nutrisi dari pohon
B. komensalisme, karena paku tanduk rusa mendapatkan tempat hidup dan pohon tidak dirugikan
C. kompetisi, pohon dan paku tanduk rusa berkompetisi memperebutkan nutrisi
D. netralisme, tidak ada hubungan diantara keduanya
E. mutualisme, paku tanduk rusa memberikan nutrisi pada pohon dan pohon memberikan tempat hidup pada tanduk rusa

Jawaban : B
Paku tanduk rusa diuntungkan mendapatkan tempat hidup sedangkan pohon tidak dirugikan.

29. Perhatikan beberapa interaksi populasi berikut ini
1. Rhizobium yang hidup pada bintil kacang tanah
2. jamur dan algae
3. harimau dan singa
4. tali putri dengan tumbuhan
5. ikan badut dengan anemon
6. burung hantu dan pohon berkayu
Interaksi komensalisme diantara contoh-contoh interaksi di atas adalah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 5
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6

Jawaban : E
Ikan badut mendapatkan keuntungan dengan bersembunyi pada tubuh anemon yang beracun, sedangkan anemon tidak dirugikan. Burung hantu mendapatkan tempat tinggal di pohon sedangkan pohon tidak dirugikan.

30. Pada piramida energi, energi akan semakin berkurang dari trofik dasar sampai trofik puncak. Kehilangan energi itu terjadi karena….
A. jumlah individu dari trofik dasar semakin besar
B. penurunan biomassa
C. konsumen kedua memakan konsumen pertama
D. respirasi dan aktifitas metabolisme
E. penurunan jumlah organisme

Jawaban : D
Dalam aliran rantai makanan energi akan berkurang disebabkan karena respirasi dan aktivitas metabolisme.

31. Perhatikan gambar berikut ini!
Pernyataan manakah yang paling baik menyimpulkan hubungan tersebut...
A. Ketika puncak piramida dicapai, jumlah individu menurun tapi jumlah energinya meningkat
B. Ketika puncak piramida dicapai, jumlah individu meningkat dan jumlah energi tetap sama dengan tingkatan lainnya
C. Pada dasar piramid, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah paling besar
D. Pada dasar piramid, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah paling rendah
E. Pada semua tingkat, jumlah individu dan jumlah energi yang terlibat adalah sama

Jawaban : C
Produsen memiliki jumlah yang paling banyak dan energi yang dimiliki pun paling besar.

32. Perhatikan gambar berikut ini!
Jika terjadi pencemaran pestisida di perairan, konsentrasi zat pencemar terbanyak dalam jaringan terdapat pada…
A. fitoplankton
B. zooplankton
C. Hiu
D. Lumba-lumba
E. Paus pemakan lumba-lumba

Jawaban : E
Pada kasus ini semakin tinggi tingkatannya maka jumlah kadar pencemar dalam tubuhnya semakin banyak.

33. Perhatikan gambar berikut ini!
Jika udang karang punah mengakibatkan perubahan populasi....
A. Populasi remis naik dan siput turun
B. Populasi remis turun dan siput naik
C. Populasi siput naik dan burung camar turun
D. Populasi siput turun dan burung camar naik
E. Populasi kepiting naik dan burung camar turun

Jawaban : C
Jika udang karang menurun akan berdampak kepada populasi remis dan siput meningkat karena tidak ada predatornya, Sedangkan populasi burung camar menurun karena makanannya tidak ada.

34. Perhatikan gambar berikut ini!
Hubungan predasi, mutualisme, kompetisi, parasitisme dan komensalime secara berturutan adalah….
A. 1,3,2,5,4
B. 2,3,1,5,4
C. 2,4,1,5,3
D. 3,4,2,5,1
E. 4,2,3,5,1

Jawaban : B
harimau-Srigala : Kompetisi
Srigala-Kelinci : predasi
Bunga-Kupu-kupu : mutualisme
Hiu-Remora : Komensalisme
Manusia-Kutu : Parasitisme

35. Hubungan antara dua makhluk hidup yang satu untung sedangkan yang lain tidak diuntungkan maupun dirugikan adalah ….
A. paku tanduk rusa yang menempel pada pohon mangga
B. tali putri yang menempel pada tumbuhan teh-tehan
C. gulma yang tumbuh di sekitar tanaman padi
D. raflesia yang tumbuh di akar pohon besar
E. lebah dan bunga matahari

Jawaban : A
paku tanduk rusa yang menempel pada pohon mangga : Komensalisme
tali putri yang menempel pada tumbuhan teh-tehan : parasitisme
gulma yang tumbuh di sekitar tanaman padi : parasitisme
raflesia yang tumbuh di akar pohon besar : parasitisme
lebah dan bunga matahari : Protokooperasi

36. Pengamatan terhadap jumlah dan jenis populasi mahluk hidup pada ekosistem sebuah pohon menunjukan bahwa terdapat 200 ekor burung pemakan biji, 10 ekor ular pohon pemburu burung, dan diatas ditemukan 2 sarang burung elang pemakan ular. Bentuk piramida jumlah yang sesuai pada ekosistem pohon tersebut adalah….

Jawaban : B
Sesuai dengan jumlah dari masing-masing komponen rantai makanan.

37. Diagram berikut menunjukkan daur nitrogen!
Proses yang terjadi pada daur nitrogen tersebut adalah....
A. (1) nitrifikasi, (2) denitrifikasi
B. (1) nitrifikasi, (4) denitrifikasi
C. (1) denitrifikasi, (6) denitrifikasi
D. (2) nitrifikasi, (6) denitrifikasi
E. (3) nitrifikasi, (5) denitrifikasi

Jawaban : B
no 1 : nitrifikasi
no 2 : nitrifikasi
no 3 : asimilasi
no 4 : denitrifikasi
no 6 : dekomposisi

38. Perhatikan gambar siklus karbon berikut!
Berdasarkan gambar, aktivitas yang berlabel X, Y dan Z secara berurutan adalah aktivitas….
A. Fotosintetis, respirasi, dan oksidasi
B. Respirasi, fotosintess, dan oksidasi
C. Fotosintesis, oksidasi, dan respirasi
D. Oksidasi, fotosintesis, dan respirasi
E. Respirasi, oksidasi, dan fotosintesis

Jawaban : A
no X : fotosintesis
no Y : respirasi
no Z : oksidasi

39. Perhatikan gambar siklus nitrogen berikut!
Proses pada bagian X dibantu oleh bakteri....
A. Nitrosomonas
B. Rhizobium
C. Azotobacter
D. Nitrosococcus
E. Nitrobacter

Jawaban : E
Perubahan nitrit menjadi nitrat dibantu oleh bakteri Nitrobacter.

40. Perhatikan gambar siklus karbon berikut!
Proses X dan Y pada skema tersebut adalah ....
A. fotosintesis dan penguraian
B. respirasi dan penguraianm
C. evaporasi dan pembakaran
D. transpirasi dan pembakaran
E. penguapan dan dekomposisi

Jawaban : A
Tumbuhan mengambil karbondioksida pada proses fotosintesis. Bagian Y adalah dekomposisi atau penguraian.

41. Perhatikan gambar daur air berikut!
Proses yang terjadi pada bagian bernomor 1 adalah ....
A. presipitasi di atas permukaan tanah
B. presipitasi di atas permukaan laut
C. transpirasi dari lautan
D. evaporasi dari daratan
E. evapotranspirasi dari lautan

Jawaban : A
Presipitasi di atas permukaan tanah

42. Perhatikan gambar daur air berikut!
Bila X terbakar habis, dampak yang terjadi adalah...
A. aliran air berkurang
B. tidak mempengaruhi persediaan air di hutan
C. bertambah besarnya aliran air dari gunung
D. bertambah besar proses evapotranspirasi
E. bertambah besar daya serap humus

Jawaban : C
Jika tumbuhan terbakar maka akibatnya adalah aliran air dari gunung akan bertambah besar dan akan mengakibatkan banjir.

43. Perhatikan gambar daur fosfor berikut!
Proses yang terjadi pada bagian yang bertanda X adalah.....
A. mengambil unsur fosfor dari lingkungan dalam bentuk fosfat anorganik
B. mengubah fosfat organik dari sisa organisme menjadi fosfat anorganik
C. melepaskan fosfor ke atmosfir hasil penguraian fosfat anorganik
D. mengikat fosfat anorganik dan menyediakannya bagi tumbuhan
E. pembentukan fosfat organik dan unsur-unsur fosfat

Jawaban : B
fosfat dalam tubuh mahluk hodup berbentuk fosfat organik dan jika diuraikan akan menjadi fosfat anorganik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama