/> ISOLASI EKOLOGI

ISOLASI EKOLOGI

     Spesiasi adalah pembentukan dua atau lebih spesies dari satu spesies yang telah ada atau telah punah. Speseis yang terbentuk berbeda dengan spesies yang ada sebelumnya. Spesiasi sangat terkait dengan evolusi, keduanya merupakan proses perubahan yang berangsur-angsur, sedikit demi sedikit, secara gradual, perlahan tetapi pasti terjadi. Spesiasi lebih ditekankan pada perubahan yang terjadi pada populasi jenis tertentu. Kecepatan spesiasi maupun kepunahan sebagian tergantung pada ukuran kisaran geografis dari suatu daerah. Daerah yang luas cenderung meningkatkan kecepatan spesiasi dan menurunkan kecepatan kepunahan. Jenis yang terdapat di daerah yang luas akan mengalami spesiasi lebih cepat, sedangkan menurunnya luas area akan meningkatkan kepunahan suatu jenis, jadi menurunkan jumlah jenis yang akan mengalami spesiasi. Sada beberapa macam spesiasi.

Spesiasi Simpatrik terjadi diantara dua kelompok dalam lingkungan yang sama. Spesias ini terjadi melalui beberapa cara, yaitu isolasi tingkah laku, isolasi ekologi, isolasi musiman, isolasi mekanis, isolasi gamet dan isolasi hibrid.

Pada kali ini kita akan membahas mengenai isolasi ekologi.  Isolasi ekologi dikenal juga dengan isolasi habitat. Isolasi ini terjadi karena terhalangnya  perkawinan karena adanya perbedaan habitat.Mekanisme ini terjadi ketika dua spesies yang dapat menyeberang secara genetik, memiliki hambatan reproduksi karena mereka hidup di daerah yang berbeda. Perbedaan sekecil apa pun di habitat mereka dapat memastikan bahwa mereka tidak pernah berkumpul untuk kawin atau bahkan bertemu satu sama lain, meskipun faktanya mereka tinggal di wilayah yang sama.

Contoh isolasi ekologi

·   Bufo fowleri dan Bufo americanus adalah dua katak yang sangat berdekatan dan dapat mengadakan persilangan yang menghasilkan keturunan-keturunan hidup. Kedua katak tersebut tidak dapat melakukan perkawinan karena ada penghalang yaitu perbedaan habitat.  Bufo fowleri biasa hidup di air mengalir sedang Bufo americanus berbiak di genangan air hujan. hal ini menyebabkan adanya barier yang disebabkan oleh adanya perbedaan habitat.

Sumber gambar : https://www.pinterest.com/pin/384072674442125226/ dan https://www.flickr.com/photos/steve_byland/39914344580

·  Di Amerika Utara, populasi katak berkaki merah utara (Rana aurora) berkembang biak di sungai yang bergerak cepat, diisolasi dari populasi katak Amerika (Rana catesbeiana) berkembang biak di kolam permanen 

Sumber gambar : http://10000thingsofthepnw.com/2020/10/27/rana-aurora-northern-red-legged-frog/ dan https://www.sdherps.org/species/rana_catesbeiana

 · Di Australia, kodok salib (Notaden bennettii) dan kodok pohon gurun (Litoria rubella) keduanya ditemukan di lingkungan gurun dengan habitat yang tumpang tindih. Keduanya tidak dapat melakukan perkawinan karena katak salib lebih banyak hidup di dalam tanah dan muncul ke permukaan saat hujan, sedangkan katak pohon gurun adalah spesies katak yang hidup di pohon.

Sumber gambar : http://jodirowley.com/portfolio/notaden-bennettii/ dan https://apps.des.qld.gov.au/species-search/details/?id=600

  •   Dua burung yang berkerabat dekat dari genus Turdus, burung hitam (Turdus merula) dan ring ouzel (Turdus torquatus). Populasi burung hitam, yang merupakan spesies hutan, secara ekologis diisolasi dari populasi ring ouzel, spesies yang berkembang biak di tegalan, sehingga kemungkinan spesies ini menghasilkan hibrida sama sekali tidak ada.
Sumber gambar : https://www.fotocommunity.de/photo/turdus-merula-michael-luettig/41371177 dan http://niclasahlberg.se/portfolio-item/ringtrast-turdus-torquatus/

  •  Contoh lain dari jenis isolasi ekologis adalah pada spesies ikan stickleback (spesies dari famili Gasterosteidae). Ikan ini memiliki duri-duri yang tajam di punggungnya.  ikan stickleback air tawar hidup di aliran air tawar sepanjang tahun, sementara ikan spesies laut yang ditemukan di laut di musim dingin bermigrasi ke muara sungai untuk berkembang biak di musim semi dan musim panas. Ini adalah adaptasi mereka terhadap konsentrasi garam yang berbeda yang bertindak sebagai penghalang reproduksi, dan mencegah kedua kelompok untuk kawin.

Sumber gambar : https://canalrivertrust.org.uk/enjoy-the-waterways/fishing/fish-species/three-spined-stickleback

  •      Pada tumbuhan, contoh yang tepat dari isolasi ekologi dapat dilihat dalam kasus dua spesies spiderwort (genus Tradescantia): spiderwort Ohio (Tradescantia ohiensis) dan spiderwort zigzag (Tradescantia subaspera). Meskipun jangkauan geografis mereka tumpang tindih dan kemampuan untuk menghasilkan hibrida, spesies ini tidak dapat kawin karena perbedaan habitatnya. Spiderwort Ohio tumbuh di daerah yang cerah, sedangkan spiderwort zigzag lebih menyukai tempat teduh.

Sumber gambar : https://www.everwilde.com/store/Tradescantia-ohiensis-WildFlower-Seed.html dan https://whatsbloomingnow.com/2021/01/11/wideleaf-spiderwort-tradescantia-subaspera/

  •  Harimau (Panthera tigris) dan Singa (Panthera leo), kedua spesies ini dapat melakukan perkawinan akan tetapi mereka hidup di dua habitat yang berbeda. Harimau hidup di dalam hutan sedangkan singa hidup di padang rumput. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama