/> MAKANAN FERMENTASI

MAKANAN FERMENTASI

Makanan fermentasi didefinisikan sebagai “makanan atau minuman yang diproduksi melalui bantuan mikroorganisme tertentu. Makanan fermentasi telah ada sejak zaman dahulu dan digunakan agar rasanya menjadi enak atau lebih awet disimpan. Makanan yang diawetkan atau difermentasikan ini sangat baik untuk kesehatan. Bahan makanan yang dapat difermentasikan cukup banyak misalnya saja daging, ikan, susu, sayuran, kedelai, kacang-kacangan lainnya, sereal dan buah-buahan. Proses fermentasi masih digunakan sampai sekarang untuk menghasilkan makanan atau minuman, seperti tempe, sauerkraut (asinan kubis), acar, wine, yoghurt, kefir, kimchi, keju, hingga kombucha.


Sumber gambar : https://cicili.tv/how-to-make-kimchi/

Fermentasi juga digunakan untuk meningkatkan sifat organoleptik (misalnya rasa dan tekstur), dengan beberapa makanan, seperti zaitun, tidak dapat dimakan tanpa fermentasi yang menghilangkan senyawa fenolik pahit.

Makanan fermentasi hampir ada di setiap negara. Makanan ini disinyalir sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung mikroorganisme probiotik seperti bakteri asam laktat.  Ada beberapa mekanisme di mana makanan fermentasi dapat memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan dan penyakit. Bakteri probiotik memainkan peranan penting dalam kelangsungan hidup bakteri-bakteri yang ada di usus. Bakteri ini akan bersaing dengan bakteri patogen di dalam usus.

Sumber gambar : https://th.bing.com/th/id/OIP.j4Ej7yEZQmOjySg4NfAw7AHaE7?w=282&h=188&c=7&r=0&o=5&pid=1.7

Metode fermentasi ini ada dua macam yaitu fermentasi liar, atau fermentasi alami dimana mikroorganisme yang digunakan dalam proses ini hadir secara alamiah. Contoh makanan yang di fermentasi secara alami adalah sauerkraut, kimchi, dan produk kedelai fermentasi tertentu. Selain fermentasi liar ada juga yang disebut dengan fermentasi kultur yaitu fermentasi dimana mikrorganisme ditambahkan melalui kultur contohnya adalah tempe, tape, kecap, kefir, yoghurt, kombucha, natto dan masih banyak yang lainnya.


 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama