/> LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

Mari kita belajar soal-soal mengenai Keanekaragaman hayati.
1. Keanekaragaman hayati merupakan keanekaragam ekosistem dan habitat disertai banyaknya spesies hewan dan tumbuhan yang menghuni ekosistem tersebut. Manusia sebagai makhluk paling cerdas di bumi harus bisa mempelajari keanekaragaman hayati. Manfaat mempelajari keanekaragaman hayati adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. Mengetahui ciri dan sifat masing-masing jenis
B. Mengetahui kekerabatan antar makhluk hidup
C. Adanya saling ketergantungan antar mahluk hidup
D. Mengetahui urutan klasifikasi
E. Mengetahui manfaat masing-masing jenis

Jawaban : C
Jawaban yang tidak tepat dari pernyataan di atas adalah adanya saling ketergantungan antar mahluk hidup

2. Definisi dari spesies adalah organisme yang dapat kawin dan dapat menghasilkan keturunan yang fertil. Keledai dan kuda dapat kawin dan menghasilkan keturunan yaitu bagal, tetapi bagal steril artinya tidak dapat menghasilkan anak. Keanekaragaman yang terjadi antara kuda dan keledai adalah keanekaragaman....
A. gen
B. spesies
C. ekosistem
D. hayati
E. variasi

Jawaban : B
Jika dua spesies dapat kawin tapi keturunannya steril (mandul) berarti dua organisme tersebut merupakan spesies berbeda.

3. Liger adalah persilangan antara singa dan harimau, walaupun singa dan harimau dapat kawin dan menghasilkan keturunan, akan tetapi keduanya tidak dikelompokan ke dalam spesies yang sama. Singa dan harimau dikelompokan ke dalam spesies yang sama apabila …
A. mempunyai makanan yang sama
B. mempunyai ciri fisiologis yang sama
C. mempunyai ciri morfologi yang sama
D. hasil perkawinannya adalah keturunan yang fertil
E. hasil perkawinannya adalah keturunan yang sama dengan induknya

Jawaban : D
Organisme dikatakan satu spesies jika dapat kawin dan menghasilkan keturunan, serta keturunannya fertil atau dapat menghasilkan keturunan baru, sementara liger bersifat steril atau tidak dapat menghasilkan keturunan baru. Ini berarti Singa dan Harimau adalah dua spesies yang berbeda

4. Berikut ini adalah gambar beberapa pasangan hewan. Pasangan keanekaragaman hayati tingkat gen paling tepat adalah....
Jawaban : C
Keanekaragaman gen adalah keanekaragaman dalam satu spesies. Pada soal di atas dua organisme yang satu spesies adalah singa jantan dan singa betina.

5. Perhatikan gambar di bawah ini!
Diantara organisme berikut manakah contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis...
Jawaban : C
karena singa, jaguar, harimau merupakan spesies yang berbeda

6. Perhatikan gambar berikut ini! Apakah Anda setuju bahwa Gambar yang ditampilkan berikut merupakan keanekaragaman tingkat gen...
A. Setuju, karena memiliki bentuk yang hampir sama dan berasal dari kelompok rimpang (Zingiberaceae)
B. Setuju, karena memiliki fungsi yang hampir sama yaitu sebagai bumbu dari kelompok rimpang (Zingiberaceae)
C. Setuju, karena bentuk dan fungsinya hampir sama, juga berasal dari kelompok rimpang (Zingiberaceae)
D. Tidak Setuju, karena berasal dari kelompok rimpang (Zingiberaceae) dan bukan berasal dari satu spesies yang sama
E. Tidak Setuju, karena fungsinya ada yang digunakan untuk obat dan ada yang digunakan untuk bumbu masakan

Jawaban : D
Tanaman di atas bukan merupakan satu spesies jadi bukan merupakan keanekaragaman gen, semuanya adalah spesies yang berbeda sehingga merupakan keanekaragaman jenis.

7. Perhatikan tanaman berikut!
Dengan melihat ciri-ciri morfologi pada gambar di atas. Tanaman-tanaman tersebut menunjukkan keanekaragaman pada tingkat ….
A. gen
B. jenis
C. kelas
D. populasi
E. ekosistem

Jawaban :B
kelapa, Aren, Pinang dan lontar adalah spesies yang berbeda akan tetapi tanaman tersebut masuk ke dalam famili yang sama yaitu palmaceae.

8. Perhatikan gambar di bawah ini!
Macam-macam mangga pada gambar di atas merupakan contoh dari keanekaragaman hayati tingkat ....
A. gen
B. jenis
C. genus
D. ekosistem
E. plasma nutfah

Jawaban : A
Mangga memiliki nama latin Mangifera indica, semua mangga adalah satu spesies.

9. Perhatikan gambar di bawah ini!
Lima macam tumbuhan kacang dari gambar di atas termasuk keanekaragaman tingkat...
A. gen
B. jenis
C. genus
D. ekosistem
E. plasma nutfah

Jawaban : B
Semua jenis kacang di atas memiliki ciri-ciri yang cukup berbeda sehingga tanaman tersebut digolongkan dalam spesies yang berbeda.

10. Perhatikan gambar berikut ini!
Macam-macam anjing dari gambar di atas merupakan contoh dari keanekaragaman hayati tingkat ....
A. gen
B. jenis
C. genus
D. ekosistem
E. plasma nutfah

Jawaban : A
Semua jenis anjing dalam gambar adalah satu spesies sehingga mereka digolongkan ke dalam keanekaragaman tingkat gen.

11. Perhatikan gambar berikut!
Diantara hewan-hewan berikut ini manakah yang termasuk keanekaragaman spesies ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
E. 1, 2, dan 4

Jawaban : D
Segala jenis kucing adalah satu spesies, sedangkan Chetah dan harimau adalah keanekaragaman jenis.

12. Perhatikan gambar beberapa makhluk hidup di bawah ini!
Hewan-hewan dan tanaman pada gambar di atas merupakan contoh dari keanekaragaman hayati tingkat ....
A. gen
B. jenis
C. genus
D. ekosistem
E. plasma nutfah

Jawaban : B
Tanaman dan hewan di atas adalah spesies yang berbeda akan tetapi masih dalam satu famili yang sama sebagai contoh melon dan semangka termasuk ke dalam famili cucurbitaceae.

13. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus adalah ….
A. lengkuas, jahe, dan kunyit
B. mawar, melati, dan kenanga
C. jeruk bali, jeruk medan, dan jeruk pontianak
D. jambu air, cengkeh, dan duwet
E. kacang tanah, kacang panjang, dan kacang hijau

Jawaban : C
nama latin jeruk bali adalah Citrus maxima, nama latin jeruk medan adalah Citrus sinesis dan nama jeruk pontianak adalah Citrus nobilis var. microcarpa. Semua jeruk tersebut memiliki nama genus Citrus.

14. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar di atas merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat...
A. gen
B. spesies
C. ekosistem
D. populasi
E. individu

Jawaban : C
Gambar tersebut adalah keanekaragaman ekosistem.

15. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar di atas Warna-warni yang terdapat pada ikan koi menunjukkan keanekaragaman….
A. spesies
B. gen
C. fenotip
D. hayati
E. individu

Jawaban : B
Warna-warni pada ikan koi yang merupakan satu spesies adalah keanekaragaman gen.

16. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan ciri-ciri tanaman di atas memiliki tingkat keanekaragam spesies dalam tingkat famili dengan tumbuhan berikut ….
A. cempedak
B. Sirsak
C. Siwalan
D. Kelapa
E. Durian

Jawaban : A
Nama latin nangka adalah Artocarpus heterophyllus dan nama latin cempedak adalah Artocarpus integer.

17. Perhatikan gambar berikut!
Tingkat keanekaragaman yang mengelompokan keduanya pada tingkatan yang paling rendah adalah keanekaragaman ….
A. gen
B. spesies dalam satu kelas
C. spesies dalam satu famili
D. spesies dalam satu genus
E. ekosistem

Jawaban : D
Nama latin sirsak adalah Annonna muricata dan nama latin srikaya adalah Annona squomosa, berarti keduanya memiliki genus yang sama.

18. Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan yang tepat untuk menjelaskan keanekaragaman pada hewan tersebut adalah ….
A. Adanya keanekaragaman gen yang disebabkan oleh perbedaan jenis makanan
B. Adanya keanekaragaman gen yang disebabkan oleh perbedaan habitat
C. Adanya keanekaragaman gen karena setiap individu mempunyai gen yang mengendalikan sifat organisme
D. Adanya keanekaragaman jenis yang dihasilkan dari perkawinan induk yang berbeda
E. Adanya keanekaragaman jenis yang disebabkan berasal dari daerah yang berbeda

Jawaban : C
keanekaragaman ayam pada gambar di atas adalah keanekaragaman gen. .

19. Perhatikan gambar berikut!
Dengan memperhatikan ciri-ciri morfologi pada tanaman di atas. Tanaman yang menunjukan Keanekaragaman hayati pada tingkat spesies dalam satu famili adalah…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 4 dan 5

Jawaban : B
Dengan melihat gambar, ada tanaman yang memiliki ciri yang sama yaitu no 1 dan 4 yaitu kelopak pada buah tidak terlepas.

20. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar tersebut, yang termasuk ke dalam keanekaragaman hayati tingkat gen adalah .....
A. A dan B
B. A dan C
C. A dan D
D. B dan C
E. C dan D

Jawaban : D
Ayam dan bunga mawar adalah keanekargaman gen.

21. Perhatikan gambar berikut!
Ketiga pisang tersebut memiliki nama latin Musa paradisiaca, menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat ….
A. gen
B. jenis
C. populasi
D. ekosistem
E. komunitas

Jawaban : D
Ayam dan bunga mawar adalah keanekargaman gen.

22. Perhatikan gambar berikut!
Kelompok tumbuhan yang menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat spesies adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

Jawaban : C
Tomat dan belimbing merupakan keanekragaman gen.

23. Sekelompok siswa sedang melakukan determinasi sederhana pada beberapa jenis tumbuhan disekitar halaman sekolah!
1. Oryza sativa varietas gluotinousa (ketan)
2. Cocos nucifera (kelapa))
3. Elaiesis guinensis (kelapa sawit)
4. Oryza sativa (beras)
5. Zea mays (jagung)
Keanekaragaman hayati pada tingkat gen ditunjukkan oleh spesies tumbuhan bernomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1 dan 4
E. 4 dan 5

Jawaban : D
Keanekaragaman gen terjadi dalam satu spesies. Diantara spesies di atas yang merupakan satu spesies adalah beras dan beras ketan karena memiliki nama latin yang sama.

24. Urutan takson tumbuhan dari kelompok terbesar ke kelompok terkecil adalah ….
A. kingdom-filum-bangsa-kelas-suku-marga-jenis
B. kingdom-filum-kelas-bangsa-suku-marga-jenis
C. kingdom-divisio-kelas-bangsa-suku-marga-jenis
D. kingdom-divisio-bangsa-kelas-suku-marga-jenis
E. kingdom-kelas-divisio-bangsa-suku-marga-jenis

Jawaban : C
Urutan takson pada tumbuhan adalah kingdom-divisio-kelas-bangsa (ordo)-suku (Famili)-marga (genus)-jenis (spesies) sedangkan pada hewan divisio diganti dengan filum

25. Pisang, mangga, kelengkeng, dan durian dikelompokkan dalam tumbuhan buah-buahan. Pengklasifikasian ini tergolong dalam klasifikasi sistem ….
A. natural
B. artifisial
C. praktis
D. manfaat
E. buatan

Jawaban : A
klasifikasi sistem natural adalah klasifikasi untuk membentuk takson-takson yang bersifat alamiah. misalnya tumbuhan pohon (beringin, mangga, jeruk dan kelapa).

26. Penulisan nama latin padi yang benar adalah...
A. Oryza sativa.
B. oriza sativa
C. Oriza Sativa
D. Oryza sativa
E. oryza sativa

Jawaban : D
nama latin terdiri dari dua suku kata, kata pertama menandakan genus dengan huruf besar dan kata kedua penunjuk spesies dengan huruf kecil lalu dicetak miring.

27. Euglena kurang cocok jika hanya dimasukkan dalam animalia, karena Euglena juga memiliki ciri yang dimiliki oleh Plantae, yaitu ….
A. selalu bergerak
B. cara hidupnya berkoloni
C. bersifat tidak bergerak
D. cara memperoleh makanannya dengan autotrof
E. cara memperoleh makanannya dengan heterotrof

Jawaban : D
Euglena memiliki klorofil sehingga dapat berfotosintesis.

28. Koala dan kanguru berkerabat karena sama-sama merupakan hewan marsupial, alias termasuk dalam kelas Marsupialia. Tapi ternyata kekerabatan kedua jenis hewan ini lebih dekat dari itu. Mereka juga sama-sama tergabung dalam ordo Diprotodontia. Semakin dekat hubungan kekerabatan antara kedua organisme maka semakin banyak ….
A. keunikannya
B. keragamannya
C. perbedaan sifat
D. persamaan sifat
E. perbedaan dan persamaannya

Jawaban : D
Koala dan kangguru berkerabat dekat, semakin dekat kekerabatannya maka persamaannya semakin banyak.

29. Spirogyra sp. mampu melakukan fotosintesis, tetapi dalam sistem klasifikasi kingdom bukan termasuk ke dalam Plantae, melainkan Protista. Alasannya adalah ….
A. memiliki flagelata
B. hidup secara anaerobik
C. tidak memiliki dinding sel
D. belum memiliki membran inti
E. belum memiliki akar, batang, dan daun sejati

Jawaban : E
Spyrogyra adalah organisme sederhana belum memiliki akar, batang dan daun sejati.

30. Perhatikan gambar berikut! Pasangan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah....
Jawaban : C
Anjing dan serigala memiliki kekerabatan paling dekat
Nama latin rubah : Vulpes vulpes
Nama latin serigala : Canis lupus
Nama latin anjing : Canis lupus familiaris
Nama latin beruang : Ursus
Nama latin berang-berang : Lutra

31. Perhatikan gambar berikut!
Hewan-hewan tersebut digolongkan ke dalam tingkatan takson yang sama, yaitu….karena…..
A. kelas; vivipar
B. Ordo ; homoiterm
C. kelas ; poikiloterm
D. famili ; ruang jantung 4
E. famili ; fertilisasi internal

Jawaban : A
Hewan-hewan tersebut termasuk ke dalam kelompok kelas mamalia dengan ciri-ciri vivipar (melahirkan).

32. Perhatikan gambar dua contoh hewan vertebrata berikut!
Perbedaan ciri kedua hewan pada tabel berikut ini yang benar adalah….

Jawaban : A
Iguana adalah reptilia dengan ruang jantung 4 dan ikan memiliki dua ruang jantung.

33. Perhatikan gambar berikut!
Spesies Ursus arctos berada dalam satu takson tingkat famili yang sama dengan….
A. Beruang madu
B. Beruang madu dan Panda
C. Beruang madu, serigala dan panda
D. Beruang madu, Panda, tupai dan srigala
E. seluruh hewan bertulang belakang

Jawaban : B
Beruang coklat satu famili yaitu Ursidae dengan Beruang madu dan panda.

34. Siswa SMA kelas 10 ditugaskan menemukan beberapa jenis tumbuhan dari kelompok monokotil di halaman sekolah. Ditemukan dua tumbuhan seperti pada gambar.!
Dua tumbuhan tersebut digolongkan ke dalam monokotil. Dasar yang digunakan siswa tersebut adalah....
A. sifat hidup dan jumlah keping biji
B. jumlah keping biji dan letak bunga
C. jumlah keping biji dan tinggi tanaman
D. sifat hidup dan jumlah mahkota bunga
E. jumlah keping biji dan jumlah mahkota bunga

Jawaban : E
Perbedaan antara tanaman dikotil dan monokotil dapat terlihat dari jumlah keping biji dan jumlah mahkota bunganya.

35. Perhatikan ciri-ciri organisme berikut!
1. Bakal biji terlindung kulit biji
2. Alat reproduksi berupa strobilus (runjung)
3. Reproduksi dengan pembuahan tunggal
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, organisme yang dimaksud adalah….
A. Bryophyta
B. Pterydophyta
C. Angiospermae
Gymnospermae
E. Spermatophyta

Jawaban : D
Gymnospermae memiliki ciri-ciri alat reproduksinya berupa strobilus (runjung)

36. Sekelompok siswa sedang melakukan determinasi sederhana pada beberapa jenis tumbuhan disekitar halaman sekolah!
1. Karet hias (Ficus elastica)
2. Bunga sepatu (Hibiscus rosasinensis)
3. Rumput gajah (Axonopus compressus)
4.Pohon mangga (Mangifera indika)
5.Pohon bambu kuning (Bambusa vulgaris)
6. Pohon palem botol (Mascarena lagenicaulis)
Berdasarkan ciri-ciri morfologi yang diamati dari tanaman di atas siswa dapat mengelompokkan beberapa tanaman ke dalam tanaman monokotil yaitu ....
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 3, 4 dan 5
3, 4 dan 6
E. 3, 5 dan 6

Jawaban : E
rumput gajah, pohon bambu dan pohon palem termasuk ke dalam kelompok monokotil.

37. Perhatikan jenis hewan berikut ini!
Kelompok hewan pada gambar termasuk ke dalam ordo yang sama karena memiliki…..
A. Gigi seri yang tidak berlapis email
B. Gigi seri termodifikasi menjadi gigi taring
C. Gigi susu yang banyak dan tidak berakar
D. Gigi seri kecil dan gigi taring berkembang baik
E. Gigi seri yang tumbuh pada rahang bawah dan berbentuk seperti pahat

Jawaban : D
ciri hewan ordo karnicora adalah satu set gigi taring dan gigi seri yang tajam serta runcing.

38. Perhatikan hewan-hewan berikut ini!
Hewan-hewan pada gambar mempunyai kekerabatan yang dekat sehingga dikelompokan dalam ordo yang sama berdasarkan....
A. adanya telinga
B. penutup tubuh
C. cara berkembang biak
D. jumlah anggota gerak
E. jenis makanan

Jawaban : C
ketiganya termasuk ke dalam kelompok mamalia yang mempunyai ciri berkembangbiak dengan melahirkan.

39. Setiap flora di kawasan Indonesia memiliki karakteristik yang unik. Berikut ini yang merupakan karakteristik flora di kawasan Indonesia barat adalah ….
A. terdapat berbagai jenis Nangka (Artocarpus sp)
B. jenis meranti-merantian hanya sedikit
C. banyak terdapat jenis tumbuhan sagu
D. tidak terdapat berbagai jenis rotan
E. tidak terdapat hutan kayu putih

Jawaban : A
Ciri-ciri dari flora bagian barat adalah banyak tumbuhan meranti, terdapat hutan kayu putih, banyak terdapat beberapa jenis nangka, hutan bakau dan hutan gambut.

40. Perhatikan gambar peta berikut!
Fauna endemik yang berasal dari daerah pada nomor I, II, III, IV, V, dan VI secara berturut-turut adalah ….
A. Orang utan, Macan tutul, Babi rusa, Merak, Komodo,dan Kanguru
B. Bekantan, Macan tutul, Harimau, Anoa, Kus kus, dan Cendrawasih
C. Gajah, Elang, Babi rusa, Bekantan, Komodo, dan Cendrawasih
D. Siamang, Elang, Banteng, Badak bercula satu, Anoa, dan Walabi
E. Harimau Sumatera, Badak Bercula Satu, Komodo, Orang Utan, Anoa, Cenderawasih

Jawaban : E
Daerah sumatra (harimau sumatra), daerah Jawa (Badak bercula satu), Daerah Nusa Tenggara (Komodo), daerah Kalimantan (orang utan), daerah sulawesi (Anoa) dan Daerah Papua (Cendrawasih).

41. Perhatikan gambar kladogram berikut!
Berdasarkan kladogram tersebut, makhluk hidup yang paling dekat kekerabatannya dengan burung adalah ....
A. serangga
B. amphibi dan manusia
C. amphibi
D. ikan
E. promisian

Jawaban : E
Kladogram berupa suatu diagram percabangan yang dianggap mewakili hubungan kekerabatan di antara organisme atau komponen yang dikelompokkan. Berdasarkan kladogram di atas, burung memiliki kekerabatan paling dekat dengan prosimian

42. Perhatikan gambar kladogram berikut!
Berdasarkan kladogram di atas, organisme yang memeiliki kekerabatan paling dekat dengan burung adalah....
A. primata
B. kelinci dan rodentia
C. buaya
D. ikan hiu
E. ikan pari

Jawaban : C
Kladogram berupa suatu diagram percabangan yang dianggap mewakili hubungan kekerabatan di antara organisme atau komponen yang dikelompokkan. Berdasarkan kladogram di atas, burung memiliki kekerabatan paling dekat dengan buaya

43. Perhatikan gambar berikut ini!
Flora yang berasal dari dataran sunda yang dibatasi oleh garis Wallace oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

Jawaban : A
Flora dataran sunda misalnya bunga bangkai, kantung semar dll.

44. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu daerah, yaitu :
- Curah hujan dan kelembaban relatif sedang
- Vegetasi homogen (satu atau sedikit jenis tumbuhan)
- Daunnya meranggas ketika musim kemarau
Daerah yang memiliki ciri-ciri seperti di atas adalah....
A. stepa
B. sabana
C. hutan hujan tropis
D. hutan bakau
E. hutan musim

Jawaban : E
Ciri-ciri hutan musim adalah terdapat tumbuhan sejenis atau homogen, seperti cemara, pinus, dan maple, Lapisan kayu pada pepohonan sangat tebal, tahan terhadap musim kemarau, Tumbuhan tahan terhadap kekringan dan akan meranggas pada musim kemarau.

45. Perhatikan gambar berikut!
Jenis hewan-hewan yang umumnya hidup di lubang kecil dan mencari makan di malam hari, seperti kalajengking, ular, dan kadal akan cocok dengan bioma nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban : C
Kalaajengking, ular dan kadal banyak terdapat di daerah gurun.

46. Perhatikan gambar berikut!
Penyebaran fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 bagian yaitu asiatis/ oriental, peralihan dan australia. Hewan-hewan yang termasuk ke dalam daerah peralihan adalah yang bernomor....
A. 1 dan 3
B. 2 dan 6
C. 3 dan 5
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6

Jawaban : A
Hewan-hewan yang terdapat di daerah peralihan contohnya baby rusa, anoa, burung maleo dll.

47. Persebaran fauna oriental ini meliputi benua Asia bagian Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ekosistem di wilayah ini bermacam-macam dan keberadaan faunanya beragam dengan ciri khas tertentu. Di wilayah Indonesia sendiri, persebaran fauna oriental ada di Indonesia bagian barat, yaitu Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Pernyataan berikut yang mencirikan bahwa ekosistem di Indonesia bagian barat adalah setipe dengan ekosistem di Asia (Oriental) adalah ….
A. Memiliki berbagai jenis binatang biawak
B. Memiliki banyak jenis burung yang berkicau
C. Dijumpai banyak reptil yang bertubuh besar
D. Memiliki banyak jenis hewan yang sangat langka di dunia
E. Memiliki banyak macam ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar

Jawaban : D
Ciri-ciri hewan di daerah indonesia bagaian barat adalah memeiliki beberapa jenis hewan yang sangat langka.

48. Berikut ini merupakan ciri-ciri fauna khas tipe australis adalah....
A. mamalia berukuran besar, kera atau primata, burung berkicau
B. mamalia berukuran besar, hewan berkantung, burung berkicau
C. mamalia berukuran kecil, hewan berkantung, burung berwarna
D. mamalia berukuran kecil, kera atau primata, burung berwarna
E. mamalia berukuran kecil, primata, hewan berkantung

Jawaban : D
Ciri-ciri fauna tipe australis adalah memiliki hewan jenis berkantung (kangguru), terdapat mamalia berukuran kecil (wallaby, possum), tidak banyak ikan yang hidup di air tawar, banyak diketemukan jenis burung dan banyak hewan bertanduk.

49. Perhatikan hewan-hewan berikut ini!
Hewan-hewan pada gambar di atas merupakan fauna tipe...
A. Asiatis
B. oriental
C. peralihan
D. Australis
E. Malesiana

Jawaban : D
Ciri-ciri fauna tipe australis adalah Memiliki hewan jenis berkantung (kanguru), terdapat mamalia berukuran kecil (wallaby, possum), tidak banyak ikan yang hidup di air tawar, banyak ditemukan jenis burung dan banyak hewan bertanduk.

50. Penyebaran flora di Indonesia menurut Dr.Sampurna kadarsan, flora Indonesia termasuk dalam kawasan malesiana.Penyebaran flora di Indonesia terbagi menjadi 4 daerah yang masing-masing memiliki ciri khas!
Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh daerah penyebaran yaitu....
A. hutan hujan tropis
B. hutan musim
C. sabana
D. Stepa/padang rumput
E. hutan gugur

Jawaban : C
Ciri-ciri Sabana adalah padang rumput yang dipenuhi oleh semak atau perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar, seperti palem dan akasia

51. Berikut ini adalah pelestarian mahluk hidup secara in situ, kecuali....
A. penangkaran komodo di pulau Komodo
B. pemeliharaan anoa di Sulawesi
C. penangkaran bunga Rafflesia arnoldi di Kebun Raya Bogor
D. pemeliharaan burung cenderawasih di Papua
E. pelestarian badak bercula satu di Ujung Kulon

Jawaban : C
Konservasi Insitu adalah konservasi flora dan fauna yang dilakukan pada habitat asli. Contoh penangkaran komodo di pulau komodo, pelestraian badak bercula satu di ujung kulon.

52. Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) merupakan taman nasional di Indonesia yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah dan salah satu lokasi perlindungan hayati Sulawesi. Taman Nasional Lore Lindu memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena teKawasan Taman Nasional Lore Lindu merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi. Anoa, babi rusa,rusa, kera hantu (Tangkasi), kera kakaktonkea, kuskus marsupial rletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia. Bentuk pelestarian hewan-hewan tersebut termasuk pelestarian........
A. koleksi
B. proteksi
C. budidaya
D. in situ
E. ex situ

Jawaban : D
Konservasi Insitu adalah konservasi flora dan fauna yang dilakukan pada habitat asli. Contoh penangkaran komodo di pulau komodo, pelestraian badak bercula satu di ujung kulon.

53. Salah satu dasar untuk mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sejarah perkembangan evolusinya. Ini berarti setiap makhluk hidup yang ....
A. berbeda fillumnya berarti dekat kekerabatannya
B. makin tinggi taksonnya makin dekat kekerabatannya
C. speciesnya berlainan maka makin dekat kekerabatannya
D. makin dekat kekerabatannya makin banyak pula persamaan sifatnya
E. makin tinggi tingkat taksonnya maka makin banyak pula persamaannya

Jawaban : D
makin dekat kekerabatannya makin banyak pula persamaan sifatnya

54. Klasifikasi adalah pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan persamaan ciri (keseragaman), perbedaan ciri (keanekaragaman), berdasarkan ciri morfologi, fisiologi dan anatomi. cara hidup, tempat hidup, daerah penyebaran, dan sebagainya, semakin rendah suatu takson dalam klasifikasi maka....
A. anggotanya semakin sedikit dan persamaan ciri semakin sedikit
B. anggotanya semakin sedikit dan perbedaannya semakin banyak
C. anggotanya semakin banyak dan persamaan ciri semakin banyak
D. anggotanya semakin sedikit dan persamaan semakin banyak
E. anggota semakin banyak dan persamaannya semakin sedikit

Jawaban : D
Anggotanya semakin sedikit dan persamaannya semakin banyak.

55. Perhatikan hewan berikut ini!
Papan nama yang tepat untuk diletakkan di depan kandang hewan dari gambar di bawah adalah ....
A. Ordo : Carnivora dan spesies : Panthera tigris
B. Ordo : Herbivora dan spesies : Panthera tigris
C. Ordo : Felidae dan spesies : Panthera tigris
D. Ordo : Mamalia dan spesies : Panthera tigris
E. Ordo : Canidae dan spesies : Panthera tigris

Jawaban : A
Hariamu atau Panthera tigris termasuk ke dalam kelas mamalia, ordo Carnivora, famili Felidae dan genus Panthera.

56. Perhatikan hewan-hewan pada gambar berikut ini!
Perhatikan hewan-hewan berikut ini! Berdasarkan bentuk giginya, hewan di atas mempunyai kekerabatan yang dekat, yaitu ketiganya termasuk ordo....
A. Rodentia
B. Monotremata
C. Marsupialia
D. Primata
E. Carnivora

Jawaban : A
Tupai, kapibara termasuk ke dalam ordo rodentia.

57. Perhatikan klasifikasi tanaman kacang tanah berikut ini!
- Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
- Angiospermae (berbiji tertutup)
- Dicotyledonae (berkeping biji dua)
- Leguminales (berbunga kupu-kupu)
- Papilionaceae
- Arachis
- Arachis hypogea
Berdasarkan data di atas yang merupakan jenjang takson tingkat ordo dalam klasifikasi tumbuhan adalah ...
A. Dicotyledonae
B. Angiospermae
C. Papilionaceae
D. Leguminales
E. Arachis

Jawaban : D
ordo pada tumbuhan biasanya diakhir dengan akhiran les. Contohnya Fabales, Leguminales.

58. Di dalam klasifikasi Jeruk bali (Citrus maxima), Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan Jeruk keprok (Citrus nobilis) termasuk dalam satu takson yang sama, yaitu .....
A. spesies
B. genus
C. familia
D. ordo
E. kelas

Jawaban : B
ketiga spesies memiliki genus yang sama yaitu Citrus.

59. Berikut ini adalah nama ilmiah dari beberapa mahluk hidup :
1. Oryza sativa (padi)
2. Avena sativa (gandum)
3. Solanum lycopersicum (tomat)
4.Felis domestica (kucing)
5.Curcuma domestica (Kunyit)
6.Solanum tuberasum (Kentang)

Makhluk hidup yang berkerabat paling dekat ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 6
E. 5 dan 6

Jawaban : D
Kentang dan tomat memliki nama genus yang sama yaitu Solanum, sehingga memiliki kekerabatan yang dekat.

60. Fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 daerah yaitu oriental, peralihan dan australis. Di antara pernyatan berikut ini yang tidak benar mengenai daerah dan hewan Oriental di Indonesia adalah ….
A. burung mempunyai warna bulu yang menarik
B. wilayahnya meliputi Jawa, Sumatera, dan Kalimantan
C. banyak ditemukan mamalia besar
D. ditemukan hewan Primata
E. ditemukan mamalia berkantung

Jawaban : E
Mamalia berkantung banyak diketemukan di daerah Indonesia bagian timur (Australis).

61. Salah satu cara untuk melestarikan organisme adalah dengan melakukan konservasi alam. Berikut ini contoh konservasi alam secara insitu ….
A. Beraneka macam fauna dan flora di taman safari, Cisarua, Bogor
B. Kebun koleksi tebu di Pasuruan, Jawa Timur
C. Penanaman aneka anggrek dan bunga lain di kebu Botani Bogor
D. Pemeliharaan aneka margasatwa di kebun binatang Gembiraloka, Jogjakarta
E. Pelestarian badak bercula satu di suaka margasatwa, Ujung Kulon

Jawaban : E
Pelestarian in situ adalah pelestarian hewan di habitat aslinya.

62. Perhatikan gambar hewan di bawah ini!
Hewan-hewan pada gambar di atas merupakan fauna tipe...
A. Asiatis
B. Oriental
C. Peralihan
D. Australis
E. malesiana

Jawaban : C
Hewan-hewan pada daerah peralihan adalah tapir, Maleo, babi rusa, Anoa dan burung Julang Sulawesi.

63. Ditemukan bioma ekosistem darat dengan ciri-ciri:
1. Curah hujan rendah
2. Hewannya rodentia, ular, kadal dan semut
3. evaporasi lebih tinggi dari porositas
4.tumbuhan berdaun jarum atau kecil-kecil
5.tumbuhan menahun memiliki lapisan kutikula tebal
Berdasarkan ciri-ciri di atas, maka bioma tersebut adalah….
A. gugur
B. taiga
C. tundra
D. hutan gugur
E. hutan hujan tropis

Jawaban : B
Ciri-ciri bioma Taiga adalah di dominasi oleh tanaman berdaun jarum seperti Pinus merkusii.

64. Perhatikan gambar tumbuhan di bawah ini!
Pohon Tectona grandis jika dilihat dari morfologi tumbuhannya memiliki manfaat sebagai sumber...
A. sandang
B. papan
C. obat
D. budaya
E. kosmetik

Jawaban : B
Tanaman jati memiliki diameter pohon yang besar dan kuat sehingga manfaatnya bisa dipakai untuk membuat rumah (papan), furniture atau mebel.

65. Perhatikan gambar tumbuhan di bawah ini!
Hewan-hewan tersebut memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam satu takson yang sama, yaitu….
A. filum
B. kelas
C. ordo
D. famili
E. genus

Jawaban : C
Kucing dan harimau termasuk dalam famili felidae sedangkan anjing termasuk ke dalam famili canidae akan tetapi keduanya termasuk ke dalam ordo yang sama yaitu ordo Carnivora.

66. Perhatikan gambar hewan di bawah ini!
Berdasarkan tabel di atas, hewan A dan B secara berturut-turut termasuk kelas ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 1
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5

Jawaban : C
Katak memiliki jantung beruang 3 dan poikiloterm (berdarah dingin) sedangkan ular termasuk reptilia memiliki jantung beruang 4 dan poikiloterm (berdarah dingin)

67. Perhatikan gambar hewan di bawah ini!
Pernyataan yang benar kedudukan dalam tingkat takson ketiga tumbuhan di atas adalah … A. Genus sama, spesies berbeda, family berbeda
B. Genus sama, spesies berbeda, family sama
C. Genus berbeda, spesies berbeda
D. Genus berbeda, spesies sama
E. Genus sama, spesies sama

Jawaban : B
Karena nama depannya sama-sama citrus sehingga genusnya sama akan tetapi spesiesnya berbeda. Jika genusnya sama sudah pasti familinya juga sama.

68. Tumbuhan jambu air diberi nama Syzygium aqueum sedangkan tumbuhan salam diberi nama ilmiah Syzygium polyanthum. Ini berarti bahwa tumbuhan jambu air dan salam memiliki ...
A. genus sama, spesies sama
B. genus berbeda, spesies berbeda
C. genus berbeda, spesies sama
D. genus sama, spesies berbeda, famili berbeda
E. genus sama, spesies berbeda, famili sama

Jawaban : E
Kedua tanaman tersebut memiliki genus yang sama yaitu Syzigium, akan tetapi keduanya adalah spesies yang berbeda. Jika genusnya sama maka sudah dapat dipastikan familinya sama.

69. Perhatikan kunci determinasi berikut ini!
Kunci identifikasi yang tepat untuk ikan emas (Cyprinus carpio ) adalah …
A. 1a, 2b, 3b, 5a, 6b
B. 1a, 2b, 3a, 4a
C. 1a, 2b, 3b, 5b, 7b
D. 1a, 2b, 3b, 5a, 6a
E. 1a, 2a, 3b, 5a, 6a

Jawaban : D
Ikan memiliki ciri bertulang belakang (1a), berdarah dingin (2b), Penutup tubuh bukan berupa rambut (3b), Bersisik (5a), habitat di air (6a).

70. Indonesia memiliki sejumlah spesies endemik tertinggi di dunia, baik hewan ataupun tumbuhan. Pada tumbuhan berikut, yang merupakan tumbuhan endemik Indonesia adalah …

Jawaban : C
Rafflesia arnoldii adalah tanaman endemik Indonesia.

71. Perhatikan gambar hewan di bawah ini!
Dilihat dari ciri morfologi tubuhnya ,takson terendah yang memasukkan kedua hewan tersebut dalam kelompok yang sama adalah ….
A. spesies
B. filum
C. kelas
D. genus
E. famili

Jawaban : C
Keduanya termasuk ke dalam kelas Aves.

72. Perhatikan gambar di bawah ini!
Pernyataan perbandingan antara kedua ekosistem tersebut yang benar adalah…

Jawaban : C
Ekosistem 1 adalah Taiga dengan ciri-ciri didominasi oleh tanaman berdaun jarum seperti pinus, sedangkan ekosistem 2 adalah tundra dengan ciri suhu sangat dingin dan hanya ditumbuhi oleh lumut.

73. Dibawah ini merupakan ciri-ciri ekosistem air.
1. salinitas rendah
2. variasi suhu tinggi
3. penetrasi cahaya matahari kurang
4. suhu air daerah tropis kurang lebih 25oC
5.Adanya aliran air
6. Tidak dipengaruhi iklim dan cuaca
Ciri-ciri ekosistem air tawar adalah
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 2, 3 dan 6
E. 4, 5 dan 6

Jawaban : B
Ciri ekosistem air tawar adalah salinitas rendah, vairiasi suhu rendah, penetrasi cahaya matahari kurang, sangat dipengaruhi iklim dan cuaca.

74. Perhatikan pemanfaatan keanekaragaman hayati berikut :
1. Aspek budaya
2. Pangan
3. Obat-obatan
4.Kosmetik
5. Pupuk
6. Sandang
Manfaat dari sapi (Bos taurus) yang dihasilkan oleh masyarakat ditunjukkan oleh nomor....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

Jawaban : A
Sapi sering dipakai untuk karapan sapai (aspek budaya) dan dijadikan bahan pangan.

75. Keanekaragaman hayati memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kelompok tumbuhan yang penting untuk memenuhi kebutuhan kosmetik diantaranya adalah...
A. Padi, jagung, sagu, ketela pohon, ubi jalar
B. Urang-aring, lidah buaya, bengkoang, alpukat
C. Rasamala, trembesi, meranti, jati
D. Beringin, bambu kuning, bawang putih
E. Ikan, telur, kelapa, durian

Jawaban : B
Urang-aring, lidah buaya bisa dipakai untuk menghitamkan rambut sedangkan bengkoang dan alpukat untuk masker wajah.

76. Berikut ini adalah aktivitas manusia yang dapat menyebabkan punahnya hewan atau tumbuhan, kecuali ...
A. membangun tempat tinggal baru dalam hutan
B. memburu hewan langka
C. membuat cagar alam
D. perluasan lahan pertanian
E. pertambangan

Jawaban : C
membuat cagar alam termasuk melindungi hewan dan tumbuhan langka.

77. Salah satu upaya menjaga keanekaragaman hayati adalah ... ...
A. penanaman secara monokultur
B. membuang limbah rumah tangga ke sungai
C. membuat cagar alam
D. menangkap ikan menggunakan peledak
E. pelestarian hewan secara in situ dan eksitu

Jawaban : E
Pelestarian in situ dan ek situ akan menjaga keanekragaman hayati.

78. Indonesia merupakan negara yang terkenal akan kekayaan keanekaragaman hayatinya. Keanekaragaman ini membawa manfaat yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung kehidupannya. Beberapa manfaat keanekaragaman hayati dalam suatu spesies antara lain .…
A. Bunga melati, bermanfaat di bidang budaya, obat dan kosmetik
B. Pohon nangka, bermanfaat di bidang papan, pangan, dan obat
C. Pohon kelapa, bermanfaat di bidang papan, pangan, dan budaya
D. Lidah buaya, bermanfaat di bidang, pangan, obat, dan keindahan
E. Palem merah, bermanfaat di bidang papan, keindahan, dan sandang

Jawaban : C
Batang kelapa bisa dibuat rumah, buahnya bisa dimakan dan daun kelapa bisa dipakai untuk membuat ketupat (budaya)

79. Kerusakan alam seperti hutan menjadi ancaman yang serius bagi satwa yang tinggal di dalamnya. Selain disebabkan oleh bencana, kerusakan alam pun bisa disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja adalah kebakaran hutan, hutan gundul, banjir dan tanah longsor. Oleh sebab itu menjaga alam seisinya ini menjadi tugas manusia yang ada di muka bumi dan manusia tersebut tidak boleh berbuat kerusakan sekecil apapun. Jika alam terjadi kerusakan dampaknya bisa langsung ke satwa maupun juga manusia. Berikut adalah dampak langsung kerusakan alam bagi habitat satwa langka, kecuali ….
A. kepunahan
B. kehilangan habitat
C. Kehilangan sumber makanan
D. Kemampuan reproduksi menurun
E. Keanekaragaman makhluk hidup berkurang

Jawaban : D
Kemampuan reproduksi menurun

80. Indonesia dikenal sebagai negara dengan fauna yang beraneka ragam, namun ternyata daftar hewan yang terancam punah di Indonesia sendiri masih cukup banyak. Beberapa di antaranya yang sering terdengar, yaitu Anoa, Harimau Sumatera, Komodo maupun Badak Sumatera. Berikut ini adalah upaya yang tepat untuk melakukan perlindungan terhadap hewan-hewan tersebut, kecuali…
A. Penetapan Kawasan Taman Nasional di beberapa wilayah yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang dilindungi
B. Penangkaran flora dan fauna yang hampir punah
C. Sosialisasi dan pelarangan perdagangan flora dan fauna yang dianggap punah dan dilindungi oleh undang-undang
D. Kampanye yang berkelanjutan di sekolah dan tempat publik mengenai jenis-jenis flora dan fauna yang punah
E. Membuat taman wisata yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat

Jawaban : E
Membuat taman wisata yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama