/> OSMOSIS : PENGERTIAN, PROSES DAN CONTOH

OSMOSIS : PENGERTIAN, PROSES DAN CONTOH

   Sebelum kita memahami apa yang dimaksud osmosis, kita terlebih dahulu melihat bagaimana proses pembuatan kimchi. Kimchi adalah makanan khas yang berasal dari Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari sawi, lobak, daun bawang dll. Dalam proses pembuatannya kimchi ini mempergunakan garam yang bertujuan untuk mengeluarkan air yang terdapat di dalam sawi sehingga sawi tidak terlalu berair. Proses biologi yang terjadi pada kimchi disebut osmosis. Mengapa demikian? apa yang dimaksud dengan osmosis?

Pengertian Osmosis

Osmosis adalah perpindahan pelarut dari melalui membran semi permeable dari larutan dengan konsentrasi rendah ke larutan dengan konsentrasi tinggi.

Proses osmosis

Bagaimana proses osmosis terjadi, Perhatikan gambar berikut ini!

    Pada gambar di atas terlihat bahwa pada bagian A hanya berisi air keadaan lebih encer sedangkan pada bagian B terdapat molekul protein dan pelarutnya sedikit, maka yang akan terjadi adalah air akan melewati membran semi permeabel menuju ke bagian B sehingga air pada bagian A akan berkurang sementara air pada bagian B akan naik karena mendapat tambahan air dari bagian A. Molekul protein pada bagian B tidak dapat pindah ke bagian A karena selaputnya bersifat semi permeabel yang artinya hanya dapat dilewati oleh zat-zat tertentu. Hasil akhirnya dapat terlihat pada gambar di bawah ini!

Perhatikan percobaan yang dilakukan dengan wortel berikut ini!

    Dua buah wortel disimpan di dua larutan yang berbeda, satu wortel di masukan ke dalam air sedangkan satu wortel di masukan ke dalam air garam. Apa yang akan terjadi setelah di biarkan beberapa lama. Yaaa benar..pada wortel yang disimpan pada cairan garam wortel menjadi lebih keras karena kondisi larutan di luar lebih pekat (hipertonis) sehingga air dari dalam wortel keluar sehingga wortel menjadi keras. Bagaimana dengan wortel yang disimpan dalam air. Wortel yang disimpan dalam air akan menjadi lebih lembek karena larutan di luar lebih encer (hipotonis) menyebabkan air dari luar masuk ke dalam wortel sehingga wortel menjadi lebih berat. 

Sumber gambar : https://jennyleegraham.blogspot.com/2013/02/milk-juice-carrot-lab.html

Contoh peristiwa osmosis dalam kehidupan sehari-hari

1. Makanan yang di asinkan

Contoh seperti yang sudah di paparkan di atas yaitu kimchi. Garam yang diberikan pada proses pembuatan kimchi akan menarik air yang ada di dalam sawi keluar karena konsentrasi air di dalam lebih pekat dibandingkan dengan di luar.

2. Jika kita merendam kismis kering  di dalam air dan beberapa waktu kemudian kismis kemudian lebih lunak karena air dari luar masuk ke dalam kismis.

3. Jika kita diam terlalu lama di dalam air maka air dari sel kita akan keluar ke lingkungan ini mengakibatkan sel tangan menjadi mengkerut.

4. Penyerapan air oleh akar tumbuhan yang ada di sekitar.

5. Siput, cacing atau hewan kecil lainnya yang mati karena di beri garam. Garam akan membuat konsentrasi zat di luar tubuh siput dan cacing jadi tinggi, akibatnya adalah air dari tubuh siput dan cacing keluar dari sel.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama