/> RNA : STRUKTUR DAN JENISNYA

RNA : STRUKTUR DAN JENISNYA

STRUKTUR

    RNA adalah rangkaian nukleotida yang molekulnya lebih kecil dari DNA. Molekul RNA dapat berupa pita tunggal atau pita ganda yang lurus dan tidak berbentuk spiral. RNA adalah molekul polimer yang penting untuk sebagian fungsi biologis karena RNA ini akan membentuk cetakan yang merupakan pembawa pesan dari DNA. Komponen RNA adalah terdiri dari gula ribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat. Basa nitrogen dalam RNA adalah adenin, guanin, sitosin, dan urasil, yang menggantikan timin dalam DNA.

Sumber Gambar : https://cdn1.byjus.com/wp-content/uploads/2019/01/Ribonucleic-Acid-RNA.png

TIPE-TIPE RNA

    Dari sekian banyak jenis RNA, tiga yang paling terkenal dan paling umum dipelajari adalah messenger RNA (mRNA), transfer RNA (tRNA), dan ribosomal RNA (rRNA), yang terdapat di semua organisme.

RNA terbagi menjadi dua macam yaitu :

  1. RNA genetik adalah RNA yang dimiliki oleh organisme tertentu yang tidak memiliki DNA misalnya adalah Virus. Karena virus RNA tidak memiliki DNA sehingga fungsi dari RNA genetik sama dengan DNA yaitu sebagai pembawa informasi gentik.
  2. RNA non genetik adalah RNA yang dimiliki oleh organisme yang di dalamnya memiliki DNA. Ada tiga macam RNA non genetik

a. mRNA atau mesenger RNA (mRNA). mRNA ini akan dibentuk oleh DNA jika diperlukan terutama bergubungan dengan proses sintesis protein. mRNA adalah RNA terpanjang yang berbentuk pita tunggal. RNA ini berfungsi sebagai cetakan untuk membentuk rantai polipeptida atau protein. mRNA ini berfungsi untuk menyampaikan pesan dari DNA ke ribosom dalam proses pembentukan protein. Rantai mRNA ini mengandung urutan kode asam amino untuk pembentukan protein sehingga rantai RNA ini dapat disebut Kodon.

b. tRNA atau transfer RNA adalah rantai terpendek diantara RNA-RNA yang lainnya. RNA ini berada di sitoplasma dan berfungsi untuk penterjemah kodon yang dibawa oleh mRNA. tRNA ini akan berhubungan dengan kodon pada mRNA, bagian tRNA ini disebut anti kodon.


c. rRNA atau ribosom RNA adalah RNA yang dihasilkan oleh nukleolus dan merupakan jumlah RNA terbanyak hampir 80% dari jumlah RNA yang ada. rRNA ini berfungsi untuk menyusun asam amino untuk menjadi protein.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama