/> GEN : DEFINSI, SIFAT DAN HUBUNGANNYA DENGAN DNA

GEN : DEFINSI, SIFAT DAN HUBUNGANNYA DENGAN DNA

 DEFINISI GEN

    Gen adalah unit bahan genetis. Gen merupakan materi yang kompak dengan mengandung satuan informasi genetik yang mengatur sifat-sifat menurun. Gen merupakan suatu bagian atau segmen DNA yang terusun atas beberapa rantai  polinukleotida. Dna berfungsi sebagai cetak biru yang menentukan ciri dan sifat dari mahluk hidup. Ciri dan sifat yang muncul pada mahluk hidup adalah merupakan hasil dari ekspresi informasi genetik yang tersimpan  dalam struktur molekul DNA. Informasi genetik mengenai ciri dan sifat ini akan diturunkan dari generasi ke generasi. Gen pada kromosom terdapat dalam suatu tempat yang disebut lokus.

    Gen adalah unit informasi herediter yang menempati posisi tetap yaitu  di lokus pada suatu kromosom. Gen ini akan mengarahkan proses sintesis protein. Pada eukariota (seperti hewan, tumbuhan, dan jamur), gen terkandung di dalam inti sel. Mitokondria (pada hewan) dan kloroplas (pada tumbuhan) juga mengandung unit kecil gen yang berbeda dari gen yang ditemukan dalam nukleus. Pada prokariota (organisme yang tidak memiliki membran, seperti bakteri), gen terkandung dalam satu kromosom yang bebas.

    Dilansir dari Britannica.com, setiap mahluk hidup memilik jumlah kromosom dan gen yang berbeda. Jumlah gen yang dimiliki oleh setiap organisme bervariasi jumlahnya. Sebagai contoh adalah manusia diperkirakan memiliki 20.000 hingga 25.000 gen. Kromosom manusia diurutkan berdasarkan ukuran dari kromosom tersebut. Kromosom yang memiliki ukuran paling besar disebut dengan kromosom nomor 1 dan seterusnya sampai dengan yang paling kecil yaitu kromosom nomor 22 dan nomor 23 adalah gonosom atau kromosom yang menentukan jenis kelamin seseorang. Kromosom nomor 1 disusun atas 3.141 gen dan 1.000 diantaranya adalah gen yang baru diketemukan.

    Genom bakteri Escherichia coli O157:H7 menampung 5.416 gen. Arabidopsis thaliana memiliki sekitar 25.500 gen. Di antara organisme yang mampu bereplikasi secara independen, bakteri Mycoplasma genitalium memiliki jumlah gen paling sedikit, hanya 517. 

Sumber gambar : Arabidopsis thaliana (Brassicaceae) image 42735 at PlantSystematics.org dan Mycoplasma genitalium - Fundación iO (fundacionio.com)

SIFAT-SIFAT GEN

    Gen adalah substansi hereditas, merupakan suatu kesatuan kimia yang memiliki sifat sebagai berikut :

  1.         Gen adalah suatu partikel tersendiri yang berada di dalam kromosom.
  2.         Mengandung informasi genetik
  3.         Dapat menduplikasikan diri ketika pembelahan sel

Sumber gambar : definisipengertian.net

HUBUNGAN DNA DENGAN GEN

    Bagaimana hubungan antara DNA dan gen. Susunan DNA yang terdapat dalam kromosom akan mengekspresikan suatu gen tertentu. Gen ini berperan dalam proses kehidupan melalui pengendalian pembentukan enzim. Enzim komponen utamanya adalah protein. Untuk membentuk protein diperlukan rantai DNA dengan susunan tertentu. Setiap gen yang terdapat dalam sel tubuh organisme selalu berpasangan. Gen yang kita miliki berasal dari ayah separuh dan ibu separuh.

    Thomas Morgan Hunt (1911) menemukan  gen yang terdapat pada suatu lokus kromosom. Gen A,B,C,D dan E terdapat dalam suatu kromosom sementara gen pasangannya teradapat pada kromosom homolognya.

    Faktor yang menentukan tampilan  fenotip dan genotip suatu individu adalah dua gen yang terdapat dalam kromosom homolog. Faktor tersebut disebut alel.  Alel adalah pasangan alternatif gen untuk menentukan sifat keturunan. Dalam suatu lokus belum tentu hanya mengandung satu pasangan gen, bisa saja dalam suatu lokus mengandung lebih dari satu pasang gen, maka keadaan demikian disebut alel ganda. Setiap gen tersusun atas sepasang alel yang berperan untuk mengendalikan tampilan suatu sifat yang berlainan.

    Sebagai contoh : Gen A  yang mengendalikan biji bulat, sedangkan alelnya a mengendalikan biji keriput. Kedua alel tersebut menempati lokus yang berkesesuaian pada kromosom homolognya.

    Penulisan genotip dari suatu sifat dilambangkan dengan huruf kapital dan huruf kecil, dengan ketentuan sebagai berikut : Jika sifatnya dominan maka ditulis dengan huruf kapital sedangkan sifat yang bersifat resesif ditulis dengan huruf kecil. Sebagai contoh tanaman berbunga ungu pada tanaman kacang ercis bersifat dominan sehingga ditulis dengan huruf kapital (U) sedangkan warna bunga putih bersifat resesif sehingga ditulis dengan huruf kecil (u). untuk pemilihan huruf bebas dapat memakai huruf apa saja akan tetapi diusahakan untuk memilh huruf yang dapat dibedakan dengan jelas huruf kapital dan huruf kecilnya sebagai contoh A dan a atau B dan b.Kacang ercis berbunga ungu dituliskan UU atau Uu sedangkan genotip untuk bunga putih adalah uu. 


 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama