/> BUKTI-BUKTI EVOLUSI

BUKTI-BUKTI EVOLUSI

Apakah terjadinya evolusi mahluk hidup telah diakui kebenarannya? Benarkah evolusi itu ada? Untuk menunjukan bukti-bukti bahwa evolusi itu ada  diperlukan fakta yang dapat memberikan petunjuk-petunjuk tentang adanya evolusi antara lain sebagai berikut :

a. Variasi individu dalam satu keturunan

Jika kita mengamati berbagai hewan yang ada disekitar kita misalnya  anjing atau kucing, hewan-hewan tersebut memiliki variasi ciri-ciri morfologi yang berbeda-beda sebagai contoh warna bulu, ukuran, berat, tinggi dll, walaupun individu-individu tersebut termasuk dalam satu spesies. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh karena berbagai faktor lingkungan, seperti suhu, makanan, tanah dll.

Variasi-variasi di dalam satu spesies ini, pada perkembangan berikutnya akan menurunkan keturunan dengan variasi yang berbeda. Jika spesies-spesies tersebut menempati daerah yang berbeda maka dalam perkembangannya akan menghasilkan varian yang berbeda. Selain itu proses domestikasi atau hibridisaasi yang dibantu oleh manusia juga akan menghasilkan varietas organisme yang begitu banyak. Sebagai contoh untuk anjing dan kucing.

Proses selesksi terhadap berbagai jenis organisme selama kurun waktu yang lama akan memunculkan varian yang berbeda jauh dengan nenek moyangnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya variasi merupakan adanya evolusi yang menuju ke arah terbentuknya spesies-spesies baru. 

 

Variasi hasil domestikasi
www.kaskus.com

b. Adanya pengaruh penyebaran geografi

Setiap individu memiliki kecenderungan untuk menyebar dan bermigrasi ke tempat lain. Studi geografi menunjukkan bahwa spesies berasal dari suatu tempat yang selanjutnya menyebar ke berbagai tempat lainnya. Jika Organisme yang sama dan menyebar dalam geografis yang berbeda akan menyebabkan munculnya spesies yang berbeda dari spesies sebelumnya. Hal ini disebabkan karena organisme tersebut akan beradaptasi terhadap habitat barunya. 

Sebagai contoh adalah observasi terhadap burung Finch. Burung Finch berasal dari Amerika selatan yang bermigrasi ke Pulau Galapagos. Karena geografis yang berbeda akan menyebabkan Burung Finch beradaptasi terhadap lingkungan baru sehingga menimbulkan perubahan pada bentuk paruh, bentuk cakar ataupun warna bulu. Jadi penyebaran geografis tersebut menimbulkan evolusi karena memunculkan spesies-spesies baru yang berbeda dengan spesies sebelumnya. 

C. homologi alat-alat tubuh

Jika kita mengamati struktur organ tubuh dari beberapa organisme vertebrata sebagai contoh tangan manusia, sayap burung, dan kaki depan anjing. Akan terlihat bahwa organ-organ tersebut memiliki struktur yang sama walaupun memiliki fungsi yang berbeda. Sebagai contoh tangan manusia, kaki depan kuda dan sayap burung memiliki bagian-bagian humerus, radius ulna, karpal dan metakarpal, akan tetapi ketiganya memiliki struktur yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena proses evolusi yang menyebabkan terjadinya perubahan adaptif sehingga fungsinya berbeda. Keadaan tersebut disebut homologi. 

Keadaan yang berlawanan dengan homologi adalah analogi yaitu organ-organ yang memiliki fungsi yang sama tetapi memiliki struktur yang berbeda. Contohnya adalah : Sayap kupu-kupu analog dengan sayap burung, keduanya berfungsi untuk terbang.

 

c. Perbandingan perkembangan embrio

Perkembangan embrio berbagai jenis hewan vertebrata menunjukkan adanya hubungan kekerabatan antara satu dengan lainnya. Pada masa embrio mulai dari zigot, morula, balstula hingga bentuk fase tertentu dari perkembangan embrio untuk hewan ikan, salamander, kura-kura, ayam, kelinci dan manusia memiliki kemiripan. Semua organisme tersebut memiliki lubang insang. Setelah masa embrio masing-masing organisme akan berdeferensiasi menjadi bentuk yang berbeda. Pada ikan kantong insang akan berkembang menjadi insang sedangkan pada manusia akan berkembang menjadi daun telinga dan pembuluh eustachius yang menghubungkan telinga dengan rongga mulut.


d. Perbandingan fisiologi berbagai jenis organisme

Organisme memiliki enzim di dalam tubuhnya yang memiliki fungsi untuk reaksi biokimia. Berbagai organisme memiliki enzim yang sama, dengan demikian hal ini menunjukan bahwa beberapa organisme memiliki kekerabatan yang dekat. 

e. Perbandingan biokimia
Perbandingan biokimia dapat menjadi petunjuk adanya evolusi yang paling kuat. Suatu kode gentik yang sama merupakan bukti yang tidak terbantahkan mengenai fakta bahwa semua kehidupan saling berhubungan. Semua organisme memiliki DNA sebagai bahan genetik dan kode itu hampir sama pada semua organisme, selain itu semua organise memiliki atp sebagai energi cadangan dan melakukan jalur metabolik yang serupa. Jika dua spesies memiliki gen dan urutan protein dengan urutan yang berkesuaian , urutan tersebut sudah dapat dipastikan disalin dari nenek moyang yang sama. Contoh lain misalnya Proses proses fisiobiologis, seperti respirasi, melibatkan reaksi reaksi biokimiawi yang serupa pada semua spesies.


f. Fosil
Kata fosil berasal dari bahasa latin fossilis yang artinya menggali. Istilah fosil ini dapat diartikan sebagai sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang telah membatu. Fosil merupakan catatan sejarah yang sangat penting sebagai petunjuk adanya evolusi, walaupun fosil ini sangat terbatas karena hanya ditemukan beberapa bagian saja. Dengan membandingkan struktur tubuh fosil hewan masa lalu dan hewan masa sekarang dapat disimpulkan bahwa keadaan lingkungan di masa lampau berbeda dengan lingkungan pada masa sekarang. Perubahan tersebut menyebabkan organisme yang hidup di dalamnya menyesuaikan diri terhadap lingkungan hidupnya. 
Fosil yang paling lengkap yang ditemukan adalah fosil kuda. Fosil kuda ini diketemukan pada setiap zama geologi secara lengkap sehingga,  perubahan yang terjadi pada kuda dapat menunjukan peristiwa evolusi yaitu perubahan berangsur-angsur dalam jangka waktu yang lama. 

https://aminoapps.com/c/science/page/blog/evolution-of-horse/ePC3_uNlmPreVBo1X5PwL3Z64pVMo
 

Perubahan terjadi dari kuda pertama Eohippus (Hyracotherium) sampai kuda modern Equus. Pada zaman Eosin, 60 juta tahun yang lalu, kuda Eohippus Catatan fosil telah membuktikan bahawa hewan ini mendiami beberapa benua seperti Asia, Eropah dan Amerika Utara. Mereka tinggal terutama di lingkungan dengan banyak tanaman, jenis hutan, dengan daun yang banyak, sehingga mereka tidak pernah kekurangan makanan. dengan ciri-ciri sebagai berikut :
A. Tubuh sebesar kucing, tingginya hampir 30 cm.
B. Tengkorak hewan ini kecil dan tidak memanjang seperti kuda modern
C. Lehernya pendek dan punggungnya melengkung
D. Kaki depan berjari empat, kaki belakang berjari tiga
E. Geraham (molar) mempunyai mahkota 
 
https://aminoapps.com/c/science/page/blog/evolution-of-horse/ePC3_uNlmPreVBo1X5PwL3Z64pVMo

Nenek moyang kuda setelah Eohippus yaitu Mesohippus yang diperkirakan hidup 40 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan dan dideskripsikan untuk pertama kalinya oleh ahli paleontologi Amerika Otniel Marsh pada tahun 1875. Sebagian besar fosil telah ditemukan di benua Amerika Utara, terutama di tanah negara bagian Nebraska, Dakota dan Colorado, serta di beberapa daerah. dari Kanada. Kuda pada zaman Mesohippus ini memiliki ciri-ciri :
A. Badan tingginya kurang lebih 60 cm. 
B. Jari kaki baik depan dan belakang berjumlah 3.
C. Gigi geraham depan menyerupai geraham belakang.
D. Kepala memanjang ke depan dengan volume otak yang lebih besar.
E. Memakan semak dan tumbuh-tumbuhan.

 

https://ind.journalmural.com/mesohippus-caracter-sticas

Selanjutnya adalah kuda yang hidup 30 juta tahun yang lalu pada zaman Miosin yaitu merrychippus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.   Memiliki tinggi sekitar 90-120 cm.
b. Kedua jari terluar dari ketiga jarinya memendek, sehingga tinggal menyisakan jari tengah.
c. Gigi mereka juga besar dan memiliki serangkaian tonjolan yang disebut ridges. Mereka juga memiliki mahkota yang lebar. Ini memungkinkan mereka untuk berhasil memakan tanaman yang sedikit lebih tahan.
d.  Otak yang lebih besar sehingga lebih gesit dan cerdas.  

 https://www.allposters.com/-sp/Merychippus-Extinct-Ancestral-Horse-Mammals-Posters_i14410937_.htm

Berikutnya adalah kuda pada masa pliosin yang hidup sekitar 10 juta tahun yang lalu yang hidup menyebar di Amerika Utara dan sekitarnya, Eripa, Asia dan Afrika. dengan ciri-cirinya sebagai berikut:
A. Ukuran bertambah besar
B. Jari hanya satu dan membesar.
C. Mahkota geraham lebih tinggi dan gigi makin kompleks.

Dan kuda yang termuda adalah Eqqus yang ditemukan sejak satu tahun yang lalu. Eqqus ini adalah kuda pada masa sekarang.




























Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama