/> LATIHAN SOAL MATERI EVOLUSI (BENAR-SALAH)

LATIHAN SOAL MATERI EVOLUSI (BENAR-SALAH)

  1.  Perhatikan artikel berikut ini!

Saint Bernards dan Chihuahua (dua ras anjing peliharaan) tidak dapat kawin secara normal karena perbedaan ukuran yang besar. Dengan demikian, mereka secara reproduktif terisolasi sampai batas tertentu.Jenis mekanisme isolasi  yang terjadi di sini adalah Isolasi mekanik

2. Perhatikan artikel berikut ini!

Lumba-lumba dan hiu memiliki bentuk tubuh yang sangat mirip, tetapi dalam hal nenek moyang yang sama, dipisahkan oleh lebih dari 400 juta tahun evolusi.

Pola evolusi yang ditunjukkan oleh hiu dan lumba-lumba disebut evolusi divergen.

  3. Perhatikan artikel berikut ini!

Vancomycin adalah antibiotika yang digunakan terutama untuk menangani infeksi berat yang disebabkan bakteri gram positif yang resisten terhadap antibiotika lainnya. Akan tetapi karena penggunaannya yang berlebihan telah memacu munculnya strain Staphylococcus aureus baru yang resisten terhadap Vancomycin.

Peristiwa di atas contoh peristiwa  mikroevolusi.

  4. Perhatikan artikel berikut ini!

Ada dua jenis orca yang menghuni area yang sama, tetapi mereka tidak berinteraksi atau kawin satu sama lain. Apa yang terjadi pada Paus Orca di Samudra Pasifik tersebut dinamakan Spesiasi simpatrik.

  5. Perhatikan artikel berikut ini!

Ketika Grand Canyon Arizona terbentuk, tupai dan mamalia kecil lainnya tidak dapat lagi berhubungan dan bereproduksi satu sama lain karena tidak dapat melintasi penghalang geografis yang baru terbentuk ini. Mereka tidak bisa lagi melakukan kawin silang. Saat ini, dua spesies tupai yang terpisah mendiami pinggiran utara dan selatan ngarai.

Populasi tupai tersebut mengalami spesiasi alopatrik.

6. Perhatikan artikel berikut ini!

Belatung apel, adalah serangga yang bertelur di dalam buah apel dan dapat menyebabkan apel menjadi membusuk. Ketika apel jatuh ke tanah, belatung akan menggali tanah dan akan muncul menjadi lalat beberapa bulan kemudian. Belatung apel ini awalnya bertelur pada hawthorn, yaitu buah yang merupakan kerabat dari apel. Kemudian pada abad  ke 19 apel diperkenalkan ke Amerika Utara. Ada belatung yang bertelur pada apel sementara spesies awalnya bertelur pada hawthorn. 

Belatung apel sedang mengalami proses spesiasi simpatrik.

7. Perhatikan gambar berikut!

Gambar berikut ini menunjukan peristiwa spesiasi allopatrik.

 


8. Monyet Red colobus seperti pada gambar adalah yang berukuran sedang. Monyet  ini baru saja dianggap punah sejak awal tahun 2000-an. Hewan ini ditemukan hidup di perbatasan antara Ghana dan Pantai Gading, dan merupakan spesies yang luar biasa karena mereka tak punya jempol. Hewan yang lembut ini biasanya hidup dalam gerombolan besar di atas kanopi pepohonan yang tinggi, dan mereka harus mengubah cara bertahan karena penebangan hutan oleh manusia. Karena kelebatan hutan berkurang, gerombolan mereka menjadi terlalu kecil. Akibatnya, monyet Red Colobus lebih lemah dalam menghadapi pemangsa, dan mengalami kelemahan genetik akibat perkawinan sedarah. Evolusi yang terjadi disebut evolusi progresif.


9. Jika dua  spesies bunga primrose Primula verticillata dan Primula floribunda disilangkan. Akan menghasilkan keturunan yang steril . Keturunannya subur tersebut diberi nama Primula kewensis. Peristiwa tersebut menunjukan evolusi makro yang menimbulkan spesies baru. 

10. Bushbabies atau disebut juga Galagos, adalah hewan yang ditemukan di benua Afrika. Bushbabies ditemukan di seluruh benua dan ada lebih dari 20 spesies hewan berbeda yang berada di sana. Meskipun beberapa spesies bushbaby memiliki habitat yang tumpang tindih, mereka tidak dapat kawin silang satu sama lain. Ini karena struktur alat kelamin pada bayi semak bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya, sehingga bayi semak jantan dari satu spesies tidak dapat berhasil kawin dengan bayi semak betina dari spesies yang berbeda. Kedua spesies bayi semak ini bahkan tidak dapat menghasilkan keturunan yang mandul. Peristiwa seperti yang terjadi pada Bushbaby ini terjadi karena isolasi mekanis.

11. Jika betina dari satu spesies siput mencoba kawin dengan jantan dari spesies lain, organ reproduksinya tidak akan cocok satu sama lain dan kedua spesies tersebut tidak akan dapat kawin. Organ seksual siput berada di dalam cangkang siput dan jika satu spesies memiliki cangkang pendek seperti cakram, ia tidak akan dapat kawin dengan siput yang memiliki cangkang tinggi berbentuk kerucut. Isolasi seperti yang terjadi pada siput tersebut disebut isolasi reproduksi.

  12. Echidna adalah hewan monotremata, ordo primitif mamalia yang berlembang biak dengan bertelur bukannya melahirkan anak, sedangkan landak adalah mamalia berplasenta dari ordo Rodentia. Meskipun landak adalah herbivora dan echidna adalah insektivora, kedua mamalia ini telah mengembangkan pertahanan dasar yang sama: duri tajam pada Echidna dapat menimbulkan luka tusukan yang menyakitkan pada predator kecil karnivora, ular dan rubah, sedangka duri pada landak menyakitkan untuk kucing hutan, serigala, dan burung hantu. Peristiwa yang terjadi pada landak tersebut adalah evolusi divergen.

13. Jika Anda pernah melihat The Adventures of Rocky dan Bullwinkle , Anda pasti tahu semua tentang tupai terbang, mamalia kecil dari ordo Rodentia dengan lipatan kulit berbulu yang membentang dari pergelangan tangan hingga pergelangan kaki. Namun, Anda mungkin tidak begitu akrab dengan sugar glider, mamalia kecil dari ordo Diprotodontia. Tupai adalah mamalia berplasenta dan sugar glider adalah mamalia berkantung, kedua hewan tersebut tidak berkerabat dekat. Peristiwa pada sugar glider dan tupai terbang ini disebut evolusi konvergen.

 14. Semak gulma Eurasia colewort (Brassica oleracea) merupakan nenek moyang dari brokoli, kubis Brussel, kol, kembang kol, kale, dan kohlrabi (rutabaga). Semua sayuran ini dianggap berasal dari spesies yang sama, tapi karena asal pertanian, masing-masing telah memilih dengan bentuk tertentu yang sekarang dikenal sebagai tanaman yang berbeda. Brassica oleracea telah mengalami evolusi divergen.


  15. Sejarah kehidupan di Bumi adalah kaki depan mamalia. Meskipun paus, kucing, manusia, dan kelelawar semuanya sangat berbeda secara morfologis dan di ceruk-ceruk yang mereka isi di lingkungan mereka, tulang-tulang kaki depan dari spesies yang berbeda ini adalah contoh yang bagus dari evolusi yang berbeda. Paus, kucing, manusia, dan kelelawar jelas tidak dapat kawin silang dan merupakan spesies yang sangat berbeda, tetapi struktur tulang yang sama di kaki depan menunjukkan mereka pernah menyimpang dari leluhur yang sama. Mamalia adalah contoh dari evolusi yang berbeda karena mereka menjadi sangat berbeda selama periode waktu yang lama, namun masih mempertahankan struktur serupa yang menunjukkan mereka berhubungan di suatu tempat di pohon kehidupan.

  16.Ikan Cichlid adalah ikan yang hidup di danau Rift Afrika Timur. Diperkirakan sekitar 2.000 spesies ikan ini ditemukan di danau  ini. Spesies-spesies ikan ini mengembangkan karakteristik yang berbeda, seperti ukuran tubuhnya. Danau ini memiliki lanskap yang terfragmentasi sehingga ikan cichild pada suatu tempat mengembangkan cirinya masing-masing. Peristiwa yang terjadi pada ikan Cichlid tersebut adalah makro evolusi dan evolusi progresif.

 17. Burung gereja diperkenalkan ke Amerika Utara pada tahun 1852. Sejak saat itu, burung gereja telah mengembangkan karakteristik yang berbeda di lokasi yang berbeda. Populasi burung pipit di utara bertubuh lebih besar daripada populasi burung pipit di selatan. Perbedaan dalam populasi ini mungkin setidaknya sebagian merupakan hasil dari seleksi alam: burung bertubuh lebih besar sering dapat bertahan hidup pada suhu yang lebih rendah daripada burung bertubuh lebih kecil. Cuaca yang lebih dingin di utara mungkin cocok untuk burung bertubuh lebih besar. Evolusi yang terjadi pada burung tersebut disebut evolusi progresif.

  18.   Penyebab Mikroevolusi adalah Perubahan yang terjadi dalam kumpulan gen dari satu generasi ke generasi lain.

 19.Beberapa saat lalu dunia dikejutkan oleh adanya wabah corona. Wabah ini disebakan oleh virus corona. Virus corona SARS-CoV-2 telah  bermutasi menjadi varian yaitu Omicron yang terdeteksi pada 6 Desember di Indonesia. Sebelumnya, ada juga varian Delta yang berperan dalam terjadinya gelombang kedua pandemi di Indonesia pada pertengahan tahun 2021. Setidaknya, ada tiga jenis mutasi COVID-19 yang sudah terdeteksi di Indonesia. Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa ketiga mutasi tersebut yaitu varian B117 atau yang sering kita dengar dengan varian Alpa, B1351 dikenal dengan varian Beta, dan B1617 yang dikenal dengan varian Delta.  Peristiwa yang terjadi pada virus corona tersebut disebut evolusi mikro. 

  20.  Perbedaan antara makroevolusi dan mikroevolusi adalah jika makroevolusi terjadi dalam skala besar di luar tingkat spesies tunggal, sedangkan mikroevolusi adalah terjadi dalam skala kecil dalam populasi tunggal tertentu. 

  21. Jika memperhatikan gambar di bawah ini. Struktur homolog tersebut menunjukkan adanya hubungan kekerabatan antara satu spesies dengan spesies yang lainnya. Struktur homologi anggota gerak pada manusia, kucing, ikan paus, dan kelelawar.


22.Pada morfologi beberapa hewan vertebrata dan manusia dapat ditemukan adanya struktur vestigial, yaitu suatu bentuk anatomi yang berkembang dan berfungsi sempurna dan akan tereduksi. Ada beberapa organ yang masih bisa ditemukan hingga dewasa meskipun strukturnya berbeda dengan struktur pada waktu embrionya. Keberadaan organ-organ ini menunjukkan adanya sisa-sisa peninggalan evolusi dari nenek moyang manusia.

  23. Domestikasi merupakan pengadopsian tumbuhan dan hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia. Kegiatan manusia dalam pembudidayaan tanaman ataupun hewan tertentu telah melahirkan spesies-spesies baru yang memiliki sifat yang berbeda dengan nenek moyangnya. Perubahan tersebut merupakan bagian dari evolusi makhluk hidup yang diciptakan oleh manusia untuk keuntungan manusia. Domestikasi merupakan bukti evolusi yang muncul karena adanya campur tangan manusia.

  24. Contoh embriologi sebagai bukti evolusi adalah perkembangan ikan dari awal hingga dewasa. Saat berbentuk embrio, ikan memiliki bentuk yang mirip dengan bentuk embrio hewan lain. Namun setelah dewasa, bentuk ikan ternyata berbeda dengan hewan lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa ada kesamaan nenek moyang pada hewan tersebut. Kesamaan embrio bisa dijadikan petunjuk adanya evolusi. Semakin banyak kesamaan yang ada pada embrio, bisa dikatakan bahwa semakin dekat hubungan kekerabatannya.

  25. Imun atau sistem daya tahan tubuh, baik itu pada manusia atau pun pada hewan, merupakan hasil dari evolusi secara genetik. Kekebalan tubuh akan bekerja manakala terdapat sesuatu yang asing menyerang tubuh kita, misalnya virus.

Jika tidak ada proses evolusi di dalamnya, maka sistem imun dalam tubuh juga tidak akan pernah terbentuk dengan sempurna. Sistem imun akan "berkenalan" dengan berbagai macam gangguan dari luar, dan itu diterjemahkan sebagai proses adaptasi mikro yang dialami oleh sel-sel tubuh kita.

Secara umum, manusia yang melakukan olah raga rutin dan menjaga asupan makanan, akan memiliki sistem imun yang lebih baik pula. Namun, di satu sisi, bakteri dan kuman juga kerap berevolusi, sehingga dapat menembus sistem imun dalam tubuh inangnya dengan mudah. Evolusi pada sistem imun manusia disebut evolusi divergen.

 

  Sumber gambar : 

https://www.dailypaws.com/dogs-puppies/dog-breeds/saint-bernard

http://www.picassochis.com/newpics3f.htm

http://www.flickr.com/photos/stuartwildlife/5136162770/

http://www.my-photo-blog.com/harris-antelope-squirrel

https://www.whiterabbitinstituteofhealing.com/herbs/hawthorn/

https://goodlife.id/ini-khasiat-apel-dan-5-aneka-dessert-dari-apel/

http://dragonflyissuesinevolution13.wikia.com/wiki/Allopatric_speciation

seancrane.com

https://fineartamerica.com/featured/primula-verticillata-flowers-bob-gibbons.html

https://sites.google.com/site/efloraofindia/species/m---z/po/primulaceae/primula/primula-floribunda

https://sciencetrends.com/mechanical-isolation-examples-and-definition/

https://terrestrialecosystems.com/how-hot-or-cool-are-echidnas/

https://www.bing.com/images/searchlandak&simid

https://www.naturettl.com/photographer-captures-amazing-flying-squirrels-in-action/

https://animals.sandiegozoo.org/animals/sugar-glider

https://fitco.id/product/kembang-kol-1-kg/

https://www.mirror.co.uk/news/uk-news/brussels-sprouts-20-things-you-1502258

https://veggiesinfo.com/kohlrabi/

https://www.webrn-maculardegeneration.com/kale-nutrients.html

https://struktur.shareinspire.me/2019/06/studi-kesamaan-dan-perbedaan-struktur.html

https://struktur.shareinspire.me/2019/06/studi-kesamaan-dan-perbedaan-struktur.html

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama