/> DAUR NITROGEN

DAUR NITROGEN

Daur Biogeokimia

    Istilah “siklus biogeokimia” berasal dari biologis, proses geologi, dan kimia yang menyebabkan transfer materi terjadi. Pertukaran materi ini melibatkan unsur biotik dan abiotik. Fungsi dari daur biogeokimia adalah sebagai siklus materi yang mengembalikan semua unsur-unsur kimia yang sudah terpakai oleh semua   yang ada di bumi baik komponen biotik maupun  komponen abiotik, sehingga kelangsungan hidup di bumi dapat terjaga.

Daur nitrogen

Nitrogen merupakan unsur yang penting dalam kehidupan, yaitu sebagai komponen pembentuk protein atau komponen penyusun asam nukleat (DNA dan RNA). Sumber utama nitrogen adalah N2 di atmosfer. Nitrogen di udara sekitar 78%. Walaupun jumlah nitrogen di udara cukup banyak tetapi tumbuhan tidak mendapatkan nitrogennya dari udara tetapi mengambilnya dari dalam tanah.

Organisme tingkat tinggi memerlukan nitrogen sebagai komponen penyusun protein dan DNA. Organisme tingkat tinggi tidak dapat memperoleh kebutuhan nitrogennya langsung dari udara tetapi mendapatkannya dari produsen atau tumbuhna hijau melalui peristiwa rantai makanan. Dalam daur nitrogen ini juga melibatkan beberapa mikroorganisme/bakteri seperti Nitrosomonas, Nitrosococcus, Nitrobacter dll.

Pengikatan (fiksasi) N2 di udara menjadi NO3dapat terjadi secara biologi dan elektrokimia. Pengikatan N2 secara biologi dilakukan oleh bakteri dan ganggang hijau-biru. Bakteri bebas (non-simbiotik) yang dapat mengikat N2 antara lain Azotobacter. Bakteri simbiotik yang mampu mengikat N2 antara lain Rhizobium leguminosarum yang bersimbiosis dengan bintil akar tumbuhan polong-polongan.

Tumbuhan menyerap nitrat dari dalam tanah kemudian dibentuk protein. Nitrat yang ada dalam tumbuhan kemudian berpindah ke tubuh komsumen melalui peristiwa makan memakan. Urin, feces, bangkai hewa  akan diuraikan oleh pengurai menjadi ammonium dan ammoniak (amonifikasi).

Amoniak hasil pembusukan oleh nikroorganisme kemudian akan diubah menjadi nitrit dalam peristiwa nitrifikasi. Proses nitrifikasi kemudian dilanjutkan dengan peristiwa nitrasi yaitu pengubahan nitrit menjadi nitrat. Nitrat kembali diserap oleh tumbuhan.

Denitrifikasi adalah pengubahan nitrat menjadi gas nitrogen (N2) yang akan dibebaskan kembali ke udara. Bakteri yang berperan dalam denitrifikasi, antara lain Pseudomonas denitrificans dan Micrococcus.



Sumber gambar : https://static.wixstatic.com/media


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama