/> FOTOPERIODISME

FOTOPERIODISME

        Pertumbuhan tumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal seperti air, suhu, pH dan terutama cahaya matahari. Tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Adanya perbedaan geografis pada beberapa daerah menyebabkan adanya perbedaan lamanya pencahayaan. Contoh pada negara 4 musim lamanya siang bisa mencapai 16-20 jam. Lamanya pencahayaan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan terutama pengaruh lebih besar adalah kepada perbungaan.

    Respon tumbuhan terhadap pencahayaan disebut fotoperiodisme. Fotoperiodisme berasal dari bahasa latin “Photo”  yang berarti light atau cahaya dan “period” yang artinya a leng of time atau suatu panjang waktu. Fotoperiodisme diketemukan oleh W.W. Garner (1920) dan H.A. Allard (1923). Mereka mengamati bahwa tanaman kedelai Biloxi dan tembakau Maryland Mammoth perbungaannya dipengaruhi oleh lamanya pencahayaan. Sedangkan penyebab Fotoperiodisme pada tumbuhan dikendalikan oleh fitokrom yang diketemukan oleh Sterling B. Hendrik.

Berdasarkan hasil penelitian,  yang berpengaruh terhadap perbungaan bukan mengenai lamanya pencahayaan akan tetapi justru lamanya periode gelap yang di terima oleh tumbuhan.

Respon tumbuhan terhadap lamanya penyinaran terbagi menjadi 3 golongan :

Tumbuhan berhari panjang : tanaman yang akan berbunga jika panjang hari kurang dari nilai-nilai kritis tertentu atau tumbuhan tidak akan berbunga jika periode gelap lebih panjang dari pada periode terang. Akan tetapi jika periode gelap diperpendek dengan memberi berkas cahaya buatan maka tanaman ini akan berbunga. Contoh  kentang (Solanum tuberasum) dan bit (Beta vulgaris) , bayam (Spinacea oleracea), gandum (Triticum sp.),(Hordeum vulgare), oat (Avena sp), Lobak, Kubis dan Selada .

   Tumbuhan berhari pendek : tanaman yang akan berbunga jika panjang hari lebih dari nilai-nilai kritis tertentu. Contoh Dahlia (Dahlia sp), Strawberry (Fragaria vesca), Krisan (Chrisantenum sp) dan kedelai (Soja max), tembakau (Nicotiana sp), aster (Aster Novae-angliae).

    Tumbuhan berhari netral : Tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh panjang pendeknya sinar matahari, tumbuhan ini akan berbunga jika sudah mencapai tahap pematangan tertentu.  Contoh bunga mawar (Rosa Hibrida) dan Bunga Matahari (Helianthus annus), jagung (Zea Mays). Kacang merah (Phaseolus vulgaris), Mentimun (Cucumis sativus), padi, lada, pepaya (Carica papaya), bunga pukul empat (Mirabislis jalapa), Buncis (Phaseolus vulgaris), kacang polong (Pisum sativum) dan kapas (Gossypium sp).

Nilai-nilai kritis biasanya berbeda bergantung pada jenis tanaman. Nilai kritis untuk kebanyakan tanaman adalah 12-14 jam. 

 

 







Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama