/> PERTUMBUHAN PRIMER DAN PERTUMBUHAN SEKUNDER

PERTUMBUHAN PRIMER DAN PERTUMBUHAN SEKUNDER

 Perhatikan gambar berikut ini! 

Sumber : https://www.vecteezy.com/free-vector/plant-growth-stages

Berdasarkan gambar tersebut terlihat bahwa tanaman mengalami pertambahan tinggi pada batang dan memiliki bunga. Tanaman tersebut mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan? Pertumbuhan adalah  proses kenaikan volume yang bersifat irreversibel (tidak dapat balik), dan terjadi karena adanya pertambahan jumlah sel dan pembesaran tiap-tiap sel. Pertumbuhan terbagi menjadi 2 macam yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer melibatkan jaringan meristem primer sedangkan pertumbuhan sekunder melibatkan jaringan meristem sekunder. Mari kita bahas perbedaan antara pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder

a.  Pertumbuhan primer

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi sebagai hasil dari pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Jaringan meristem adalah jaringan yang terus menerus melakukan pembelahan. Pertumbuhan ini disebabkan karena kegiatan titik tumbuh primer pada ujung akar dan ujung batang dan mulai berlangsung pada saat tanaman masih embrio. Pembelahan sel pada ujung akar dan ujung batang ini menyebabkan akar dan batang menjadi lebih panjang.

Bagaimana cara mengukur pertumbuhan tumbuhan?

Mengukur pertumbuhan tumbuhan dapat dilakukan dengan menggunakan alat yaitu Auksanometer.

Sumber gambar : https://biology4isc.weebly.com/plant-hormones-and-photomorphogenesis.html

Daerah pertumbuhan pada ujung batang dan akar dapat dibedakan menjadi 3  yaitu :

Daerah pembelahan sel  :  Sel-sel pada daerah ini aktif melakukan pembelahan. Daerah ini terdapat di daerah ujung akar atau ujung batang. Sel pada daerah ini membelah setiap 12-36 jam sekali sehingga pada beberapa tanaman pembelahan meristem akan mengahsilkan 20.000 sel setiap hari.

Daerah Pemanjangan sel  :  terletak di belakang daerah pembelahan, merupakan daerah yang selnya dapat membesar dan memanjang. Pada daerah ini sel-sel mengalami pemanjangan ukuran sel hinga 10 kali dari panjang sel awal. Pemanjangan ini menyebabkan akar memanjang jauh ke tanah dan batang akan bertambanh tinggi ke atas.

Daerah diferensiasi  :  merupakan daerah yang sel-selnya berkembang menjadi sel yang memiliki struktur dan fungsi khusus

 

 Sumber gambar : Sumber : www.psb.ugent.be

 b.      Pertumbuhan sekunder

Pertumbuhan sekunder adalah pembelahan sel yang menyebabkan batang dan akar bertambah lebar di akibatkan aktivitas kambium yang membentuk xilem dan floem sekunder. Kambium adalah meristem lateral (samping) yang ada di sekeliling batang dikotil kecuali di bagian ujung. Pertumbuhan sekunder terjadi hampir disemua tanaman berbiji.  Xilem dan Floem yang terbentuk dari aktvitas kambium ini disebut dengan xilem dan floem sekunder.        

Pertambahan jumlah sel Floem dan Xilem sekunder  menyebabkan diameter batang bertambah besar. Pertumbuhan sekunder pada tumbuhan dipengaruhi oleh musim. Pada musim hujan, air dan zat hara cukup banyak sehingga pembelahan sel berlangsung lebih cepat sedangkan pada musim kemarau, ketersediaan air dan zat hara sangat terbatas sehingga aktivitas pembelahan sel agak terhambat. Pada saat musim hujan akan menghasilkan cincin kayu yang berwarna terang sedangkan pada musim kemarau sel-sel lebih sensitif terhadap cahaya sehingga warna sel menghasilkan cincin yang lebih gelap pada batang. Aktivitas pembelahan yang berbeda menghasilkan cincin konsentris gelap dan terang yang disebut LINGKARAN TAHUN yang dapat digunakan untuk memperkirakan umur suatu tumbuhan.

Pertumbuhan sekunder hanya berlangsung pada tanaman dikotil/magnoliopsidae dan gymnospermae yang menyebabkan tanaman-tanaman tersebut batangnya bertambah lebar seperti mahoni, cengkeh, jambu rambutan dll.

 


Sumber gambar : https://climate.nasa.gov/news/2540/tree-rings-provide-snapshots-of-earths-past-climate/

Ringkasan perbedaan antara pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder adalah sebagai berikut :



 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama