/> ASAM ABSISAT : STUKTUR DAN FUNGSI

ASAM ABSISAT : STUKTUR DAN FUNGSI

    Asam absisat adalah senyawa atau hormon yang bekerja secara antagonis (berlawanana) dengan auksin dan giberelin. Senyawa ini pertama kali dikenali secara kimia oleh Frederick T addicott saat mempelajari senyawa yang menyebabkan gugurnya buah kapas. Hormon ini disintesis pada akar, batang, daun, dan buah berwarna hijau.

   Struktur Asam absisat dapat dilihat pada gambar berikut ini!

    Hormon asam absisat ini juga dihasilkan oleh biji. Jika keadaan lingkungan buruk maka asam absisat ini akan mendorong biji untuk melakukan dormansi dengan cara menghambat perkecambahan. Biji akan berkecambah apabila keberadaan asam absisat dapat dihambat. Sebagai contoh tanaman yang hidup digurun akan memulai berkecambah apabila terjadi hujan dan hujan tersebut akan melunturkan asam absisat pada tanaman. Asam absisat yang luntur dari tanaman akan menyebabkan biji berkecambah.

   Asam absisat juga  memiliki fungsi mendorong rontoknya daun. Hormon ini berfungsi untuk mempertahankan tumbuhan dari lingkungan yang buruk misalnya kekurangan air, tanah bergaram, suhu dingin dan panas atau cuaca dingin. Bagaimana asam absisat bekerja mempertahankan tumbuhan dari lingkungan yang buruk? Contoh pada kasus kekurangan air.

   Kekurangan air pada tumbuhan mengakibatkan kadar asam absisat meningkat pada sel stomata akibatnya adalah sel stomata akan menutup. Menutupnya stomata ini akan mengakibatkan berkurangnya proses transpirasi. Distribusi asam absisat pada tanaman diangkut melalui sel-sel parenkim yang terdapat di luar pembuluh xylem dan floem. Tujuan dari pengangkutan asam absisat ini adalah stomata daun. Kadar asam absisat ini akan mengatur membuka dan menutupnya stomata. Membuka dan menutupnya stomata ini adalah salah satu cara untuk menghemat air untuk menekan laju transpirasi terutama jika keadaan lingkungan yang kekurangan air. akan tetapi menutupnya stomata ini akan menghambat laju fotosintesis karena kebutuhan CO2 menjadi terhambat dengan menutupnya stomata. 

https://cdn.pixabay.com/photo/2016/11/29/12/17/autumn-1869426__340.jpg

FUNGSI ASAM ABSISAT

  1. Hormon yang menghambat pertumbuhan tanaman yang dilakukan dengan mengurangi kecepatan pembelahan sel maupun pada pembesaran sel
  2. Menghambat perkecambahan biji dengan mendorong terjadinya dormansi biji.
  3. Pada lingkungan buruk membantu menutupnya stomata untuk mengurangi proses penguapan.
  4. Memacu pengguruan daun pada saat musim kemarau untuk mengurangi proses penguapan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama