/> METODE ILMIAH

METODE ILMIAH

         Pengertian metode ilmiah atau proses ilmiah (scientific method) merupakan cara atau tahapan tertentu yang harus dikerjakan oleh seorang ilmuwan dalam melakukan suatu penelitian. Metode ilmiah dalam biologi sangatlah mendukung karena dalam penerapannya ilmu biologi juga mengenal adanya kerja praktek untuk mendapatkan suatu kesimpulan. 

        Dengan adanya metode ilmiah, sebuah kerja praktek bisa dilaksanakan secara tersusun dan terarah. Berikut tahapan–tahapan metode ilmiah dalam ilmu biologi :

1. Menemukan masalah

Percobaan dimulai dengan suatu masalah yang muncul di alam misalnya melihat tanaman A berbuah lebat sedangkan tanaman B tidak, kemudian timbul pertanyaan mengapa demikian. 

2. Melaksanakan pengamatan/observasi

Tahapan observasi ini dilakukan untuk menemukan suatu masalah. Dalam melakukan tahapan observasi/pengamatan ada 2 cara yang dapat dilakukan, yaitu :

· Pengamatan kuantitatif yaitu pengamatan dengan mengamati data berupa angka-angka.

·  Pengamatan kualitatif yaitu pengamatan yang dilakukan menggunakan alat indera kita. 

3. Merumuskan masalah

Hal ini bertujuan untuk memperjelas masalah yang akan dipecahkan. Perumusan masalah dilakukan dengan mengajukan serangkaian pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan.

4. Kajian pustaka

Kajian pustaka merupakan panduan–panduan dari beberapa literatur yang mendukung teori–teori yang dapat dijadikan acuan dalam penelitian, dapat berupa buku–buku, maupun informasi–informasi yang ada di internet.

5. Membuat Hipotesis/dugaan sementara

Hipotesis merupakan dugaan sementara atau bisa juga didefinisikan sebagai jawaban sementara dari rumusan masalah. Untuk menguji suatu hipotesis umumnya dilakukan percobaan (eksperimen). Akan tetapi, ada juga hipotesis yang diuji dengan pengamatan saja atau studi kepustakaan. Studi kepustakaan dilakukan dengan membandingkan berbagai sumber pustaka. Hipotesis inilah yang nantinya akan dibuktikan dalam sebuah eksperimen.  Hipotesis harus mengandung 3 variabel.

Dalam melakukan sebuah eksperimen, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi eksperimen tersebut. Faktor tersebut antara lain variabel; populasi dan sampel; serta rancangan penelitian. Variabel percobaan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Ada tiga jenis variabel, yaitu variabel bebas, variabel terikat/bergantung dan variabel tetap.

a.  Variabel merupakan suatu faktor entitas (berwujud) yang dapat memiliki nilai berbeda yang berpengaruh terhadap percobaan.

1) Variabel bebas: Variabel yang sengaja diubah-ubah untuk dilihat pengaruhnya terhadap hasil percobaan.

2) Variabel terikat: Variabel yang diukur atau diamati sebagai hasil percobaan.

3)     Variabel tetap (kontrol): Variabel yang tidak diubah.

b.  Populasi dan sampel merupakan objek yang diamati di dalam suatu percobaan.

c.  Rancangan penelitian adalah rencana dalam melakukan suatu penelitian, baik sebelum maupun sesudah penelitian dilakukan. Rancangan ini termasuk metode penelitian serta alat dan bahan yang akan digunakan. 

6. Melakukan eksperimen

Eksperimen merupakan suatu usaha yang sistematik untuk menghasilkan data, untuk menjawab pertanyaan atau menguji hipotesis. Prosedur kerja merupakan langkah-langkah kerja yang terperinci dan runtut.

7. Mengumpulkan data

Hasil observasi adalah data, baik data kualitatif maupun data kuantitatif. Setiap gejala yang terjadi dalam percobaan harus di catat saat itu juga sehingga diperoleh data yang akurat.

8. Mengolah data dan menganalisis data

Data yang diperoleh itu kemudian dapat dijadikan bahan analisis. Analisis data sebaiknya dilakukan melalui metode statistik yang sederhana, cukup membandingkan rata-rata dan persentase. Setelah itu dapat menganalisis apakah hipotesis yang dibuat sesuai dengan hasil percobaan atau tidak.

9. Menarik kesimpulan

Kesimpulan dapat di ambil setelah mendapatkan data dari hasil percobaan yang telah lakukan. Kesimpulan merupakan kalimat yang meringkas suatu hasil percobaan yang telah dilakukan. Ketika menarik kesimpulan, harus memutuskan apakah data yang Anda peroleh mendukung hipotesis yang dibuat atau tidak.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama